Berkolaborasi Bangun Kedisiplinan Siswa

0
175
KAKIAN. Berkolaborasi Bangun Kedisiplinan Siswa
PBB. Sejumlah siswa senior SMK PN-PN 2 memberikan pelatihan PBB dan kedisiplinan kepada siswa baru SMPN 22 Purworejo, kemarin.

SMK PN-PN 2 Kirim Tim Senior ke SMPN 22 Purworejo

Membangun kedisiplinan pada siswa dapat dilakukan sekolah dengan berbagai cara. Salah satunya melalui kolaborasi dan saling mengisi antarsekolah. Seperti yang dilakukan SMK PN-PN 2 Purworejo dengan SMP Negeri 22 Purworejo ini.

EKO SUTOPO, Purworejo

Berbagai teknik peraturan baris berbaris (PBB) diperagakan oleh belasan siswa senior SMK PN-PN 2 Purworejo di lapangan SMPN 22 Purworejo yang terletak di wilayah Kecamatan Gebang, Selasa (16/7). Satu demi satu lalu diikuti oleh para siswa kelas 7 SMPN 22. Ada yang dapat melakukannya secara piawai. Namun, tidak sedikit yang masih canggung dan kaku mengingat mereka masih baru di sekolah itu.

Ya, pagi itu seluruh siswa baru SMPN 22 sedang melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2019/2020. Lain dari biasanya, MPLS tahun ajaran ini menghadirkan siswa yang telah diakui sebagai tim siswa senior SMK PN-PN 2 untuk mengisi berbagai materi.

“Tidak hanya baris berbaris, ada beberapa materi yang intinya untuk penguatan kedisiplinan dan karakter siswa baru,” kata guru pendamping tim siswa senior, Drs B Bayu Hanura.

Kehadiran para siswa senior disambut hangat seluruh siswa baru. Hal itu terlihat dari antusiasnya selama mengikuti kegiatan PBB. Ketegasan penyampaian materi ada, tapi kedekatan hubungan selayaknya kakak dan adik lebih terasa.

“Bimbingan dari tim senior ini diharapkan bisa mengakar dan diterapkan oleh siswa baru dalam kehidupan di lingkungan sekolah ini. Sebagaimana seorang adik mendapatkan bimbingan dari kakaknya,” ungkapnya.

SMK PN yang kini dikepalai Sugiri SPd dan SMK PN 2 yang dikepalai Rakhmi Widayati SSos memang telah memiliki nama baik di bidang kedislplinannya. Pengiriman siswa ke sekolah-sekolah bukan hanya kali ini. Di SMPN 22 pun pernah.

Bagi kedua sekolah tersebut, mengirimkan siswa ke sekolah lain untuk membimbing siswa merupakan bagian dari tindak lanjut penguatan kedisiplinan mereka sendiri. Sebagaimana ungkapan yang menyebutkan bahwa belajar yang terbaik adalah sambil mengajar.

“Kami SMK PN-PN 2 Purworejo siap memberikan yang terbaik untuk warga masyarakat Purworejo pada umumnya. Terima kasih kepada seluruh jajaran SMP Negeri 22 Purworejo yang telah memberikan kepercayaan kapada kami untuk pendidikan karakter kepada siswa-siswi SMP kelas VII yang baru,” jelasnya.

Kepala SMPN 22, H M Agus Wiwoho Suryo MMPd didampingi Waka Kesiswaan, Dra Rini Almasih MMPd,  menyebut pada awal tahun ajaran baru ini MPLS diikuti sebanyak 224 siswa baru, terdiri atas 128 laki-laki dan 96 perempuan.  Materi kedisiplinan yang diisi oleh siswa dari sekolah lain dinilai penting. Sementara adanya kolaborasi dan kerja sama juga menguatkan hubungan antarsekolah.

“Kia berterima kasih atas dukungan dari SMK PN-PN 2 Purworejo. Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut,” sebutnya. (*)