Purworejo Resmi Miliki Cabor Esports

PELANTIKAN. Pengurus ESI Kabupaten Purworejo masa bakti 2020-2024 menjalani pelantikan di Pendopo Kabupaten Purworejo,

MAGELANGEKSPRES.PURWOREJO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Purworejo kini resmi memiliki Cabang Olahraga (Cabor) prestasi baru bernama Esports. Pengurus Besar (PB) Esports Indonesia (ESI) Kabupaten Purworejo Masa Bakti 2020-2024 yang diketuai oleh Nanang Agus Gutomo SE menjalani pelantikan di Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (15/4).

Prosesi pelantikan dipimpin langsung Wakil Ketua Esports Provinsi Jawa Tengah, Doni Isworo. Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Sekda Purworejo Said Romadhon, Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi, beserta jajaran Forkopimda, dan Ketua KONI Kabupaten Purworejo Sumaryanto.

“Pelantikan ini sebagai langkah lanjut terbentuknya Esports yang jauh lebih baik dan positif,” kata Doni Isworo.

Dijelaskan, sebagai Cabor baru yang mendapat respon luar biasa dari masyarakat, Esports diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet di tingkat nasional dan internasional. Apalagi, Esports juga sudah diakui oleh KONI sebagai olahraga prestasi yang jelas memiliki pertimbangan tertentu, di antaranya ketangkasan, kecerdasan dan strategi.

Baca Juga
Perpanjangan SIM Bisa Online

“Menjadi media melatih masyarakat, khususnya kaum milenial untuk lebih positif dalam esport,” jelasnya.

Menurutnya, sebanyak 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah terbentuk kepengurusan, meskipun ada beberapa kabupaten/kota yang masih harus dikukuhkan secara maraton. Beikutnya, penjaringan atlet dilakukan melalui sejumlah event.

“Setelah terbentuk, pengurus kabupaten/kota juga diharapkan dapat segera membuat kegiatan untuk melahirkan atlet berkualitas,” ungkapnya.

Pengurus Esport harus bekerja keras, ikhlas untuk membuktikan bahwa Esport sebagai olahraga yang menarik dan ramah pandemi.

“Dunia saat ini telah berubah, teknologi dan game space meningkatkan secara signifikan, menstimulasi masyarakat. Sebab aplikasi tidak hanya untuk menunjang perekonomian tetapi juga menjadi hiburan atau olahraga,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Purworejo Wadul Soal Wadas, Ini Tanggapan Ganjar

Ditegaskan, dengan hadirnya Esports, gamer aktif yang tumbuh di masa pandemi akan mengarah ke hal-hal positif, sejalan dengan imbauan penerapan protokol kesehatan yang didalamnya termasuk social distancing atau physical distancing. Maka ada jarak aman dalam esport, sebuah olahraga atau permainan alternatif yang aman.

“Kedepan ini bisa menjadi industri olahraga yang sangat menjanjikan,” tegasnya.

Menurutnya, Esports banyak menarik pemain, kreator, analais dan ini menjadi peluang investasi. Sama halnya olahraga mental dan pikiran seperti Catur dan Bridge, Espot juga membutuhkan teknik dan strategi. Espot pada tahun 2020 juga sudah masuk dalam pertandingan Sea Game.

“Esport merupakan Cabor baru yang butuh dukungan dari berbagai pihak dan elemen masyarakat. Di bawah naungan KONI,  pengurus harus berinovasi positif untuk melahirkan prestasi olahraga bangkit menuju prestasi dunia,” pungkasnya.

Said Romadhon menyatakan bahwa Pemkab Purworejo mendukung penuh lahirnya Esports sebagai Cabor baru yang potensial. Sinergitas pengurus diharapkan mampu memajukan Esports di Purworejo.

“Kami akan ikut mendorong percepatan proses rekomendasi KONI sehingga sama dengan kabupaten/kota lainnya di Jateng. Apalagi KONI Provinsi juga sudah sangat mendukung,” terangnya.

Ketua ESI Kabupaten Purworejo, Nanang Agus Gutomo, menyebut Esports menaungi atlet gamer, atlet yang sudah akrab dengan online. Adapun standar penjaringan atlet dilakukan dengan ketentuan jam terbang pertandingan atau menunjukkan sertifikat kemenangan perlombaan.

“Purworejo sudah ada sekitar 20 orang atlet dan setelah pengukuhan pengurus ini kami akan akan kerja sama dengan sejumlah komunitas kedai kopi hingga mungkin di kampus-kampus. Edukasi untuk pelajar dilakukan dengan batasan umur, kami juga akan menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dan dinas terkait lainnya, kami senantiasa berkoordinasi dengan pengurus daerah dan pusat,” jelasnya. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Gugatan Warga Bendungan Bener Dikabulkan Sebagian