Purworejo Kembali Raih Kabupaten Layak Anak

DARING. Wabup Yuli Hastuti saat menghadiri secara daring penyerahan penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Kementerian PPPA. (Foto lukman)
DARING. Wabup Yuli Hastuti saat menghadiri secara daring penyerahan penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Kementerian PPPA. (Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COMPemkab Purworejo Raih Penghargaan sebagai Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dari Kemeterian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dengan kategori peringkat Madya bersama 12 Kabupaten/kota lainnya.

Pertama kali Purworejo meraih sebagai KLA adalah pada tahun 2017 dan berlanjut pada tahun 2018 dengan peringkat Pratama. Kemudian pada tahun 2019 Purworejo meraih kenaikan peringkat dari Pratama ke Madya. Setelah pada tahun 2020 KLA sempat ditunda karena pandemi, pada tahun ini Purworejo kembali meraih penghargaan tersebut.

Penyerahan Penghargaan KLA Tahun 2021 dilakukan secara virtual yang dipimpin Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kamis (29/7). Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH beserta sejumlah pejabat terkait turut mengikuti acara tersebut dari Command Center Dinkominfo Purworejo.

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH merasa sangat bangga ketika mendengar bahwa Kabupaten Purworejo kembali meraih penghargaan sebagai KLA. Dirinya berharap penghargaan ini dapat dijadikan penyemangat agar dapat lebih baik kedepannya.

“Semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di Kabupaten Purworejo,” kata Yuli.

Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, KB, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak dr Kuswantoro M Kes menjelaskan, penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Proses evaluasi dilakukan oleh tim kementerian PPPA dari kementerian lembaga dan tim independen. Evaluasi yang dilakukan yakni mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan. Muaranya pada penghargaan KLA yang terdiri dari 5 peringkat, yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA.

“Dengan penghargaan ini diharapkan bisa menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan apa yang sudah diraih dan semoga kedepan dapat lebih baik,” ujar Kuswantoro. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Universitas Muhammadiyah Purworejo Kembangkan Media Pembelajaran Smart Learning Torso