Purworejo Bertahan di PPKM Level 3, Ini Penyebabnya…

Dinas Kesehatan Purworejo
Dinas Kesehatan Purworejo

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Meski saat ini capaian assesment situasi covid-19 di Kabupaten Purworejo sudah sangat baik, bahkan secara keseluruhan berada di level 2, namun karena cakupan vaksin kumulatif (CVK) belum mencapai 50 persen sehingga kondisinya masih belum beranjak dari status PPKM level 3 sebagai tertulis dalam Inmedagri Nomor 47 tentang PPKM Covid-19 di Jawa Bali pekan ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr Sudarmi, MM saat dimintai konfirmasi, Selasa (5/10).

Ia menyebutkan, hingga saat ini CVK Purworejo baru mencapai 39,1 persen. “Itu artinya masih kurang sekitar 11persen untuk bisa mencapai syarat level 2. Sedangkan cakupan vaksinasi lansia minimal 40 persen sudah terpenuhi, yakni mencapai 40,6 persen saat ini” jelasnya.

Kadinkes optimistis, target 11persen tersebut bisa terpenuhi dalam dua minggu ke depan, sehingga Purworejo bisa turun ke level 2. “Dengan catatan pasokan vaksin ada dan lancar,” tegas dr Sudarmi.

Disebutkan, prosentase 11 persen itu berarti sekitar 60.000 orang untuk vaksin dosis 1. Bila sehari divaksin 5.000 orang maka dalam jangka waktu 12 hari target bisa tercapai. “Ini kita baru saja dapat 10.000 vaksin Sinovac,” imbuhnya.

Meski begitu Kadinkes tidak menutup fakta bahwa nantinya vaksin yang ada juga akan digunakan untuk dosis 2. “Termasuk nanti kalau dapat vaksin Moderna, ya dipakai dulu untuk kekurangan dosis 2 sebanyak 29.000 vaksin,” ujar Kadinkes.

Dirinya juga mengapresiasi pihak Kodim dan Polres yang terus menjalin kerjasama untuk mempercepat tercapainya target vaksin.

“Nakes kita sudah mulai capek. Mudah-mudahan target 11 persen bisa kita kejar agar masyarakat tenang dalam beraktivitas,” harapnya. (luk) 

Artikel Menarik Lainnya :  Kuliah Umum STAIAN Purworejo Hadirkan Wamen Agama