Program Vaksinasi Terus Diakselerasi, Wabup Purworejo Keliling Desa Melakukan Monotoring

TINJAU. Wabup Purworejo Yuli Hastuti SH meninjau pelaksanaan vaksinasi masyarakat dengan cara turun langsung dari desa ke desa di sejumlah kecamatan dalam beberapa hari terakhir. (Foto: eko)
TINJAU. Wabup Purworejo Yuli Hastuti SH meninjau pelaksanaan vaksinasi masyarakat dengan cara turun langsung dari desa ke desa di sejumlah kecamatan dalam beberapa hari terakhir. (Foto: eko)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Purworejo terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong percepatan program vaksinasi Covid-19.  Cakupan vaksinasi kumulatif terus dikejar ke arah progresif demi terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok sehingga seluruh sektor kehidupan, khususnya ekonomi masyarakat dapat segera pulih.

Percepatan vaksinasi mendapatkan perhatian khusus dari Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH. Pihaknya gencar melakukan peninjauan kegiatan vaksinasi Covid 19 dengan turun langsung ke desa-desa di berbagai kecamatan dalam beberapa hari kemarin. Peninjauan didampingi antara lain Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi MM, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama SSTP MM, Camat serta Kepala Puskesmas setempat.

Beberapa lokasi telah ditinjau Wabup secara maraton pada Senin (5/10) kemarin. Beberapa di antranya yakni vaksinasi di Kelurahan Baledono Kecamatan Purworejo, Desa Kaligono Kecamatan Kaligesing, Desa Brunosari Kecamatan Bruno, dan Desa Mudalrejo Kecamatan Loano. Kelurahan Baledono, Desa Kaligono dan Desa Brunosari.  Masing-masing desa mendapat 300 dosis, tetapi Desa Mudalrejo mendapat 900 dosis karena terdapat beberapa desa sekitar yang ikut melakukan vaksinasi.

“Yang kita harapkan kegiatan vaksinasi di semua titik dapat berjalan dengan lancar,” kata Wabup, Jumat (8/10).

Di setiap lokasi yang dikunjunginya, Wabup menyempatkan menyapa warga dan mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan walaupun sudah divaksin.

“Meskipun sudah divaksin harus tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas ya Bapak dan Ibu,” pesannya dalam Bahasa Jawa.

Sebanyak 6 lokasi ditinjau Wabup pada hari berikutnya. Di antaranya yakni Desa Grabag sebanyak 800 dosis yang pesertanya meliputi warga Kecamatan Grabag dan Butuh. Kemudian di Rumah Dinas Wakil Bupati sebanyak 900 dosis yang mencakup wilayah Kecamatan Kutoarjo, Bayan, dan Banyuurip.

Artikel Menarik Lainnya :  Menparekraf Sandi Canangkan Pandanrejo Jadi ‘The New Zealand Van Java’

Sementara itu, Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM saat meninjau Sentra Vaksinasi di kawasan depan Pendopo Kabupaten Purworejo belum lama ini menyatakan bahwa penambahan kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Purworejo terus melandai. Namun, pihaknya meminta kepada jajarannya agar kecepatan pelayanan vaksin tidak ikut melambat alias melempem. Sebaliknya, vaksinasi justru harus semakin ditingkatkan sehingga mempercepat terciptanya kekebalan kelompok di tengah-tengah masyarakat.

Pihaknya juga berpesan kepada seluruh Puskesmas dan fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan vaksinasi agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Pemerintah terus mengupayakan agar seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan vaksinasi secara merata,” tegasnya. (top/adv)