Prioritaskan Anak Muda untuk Nyaleg, Inilah yang Dilakukan DPW PKS Jawa Tengah…

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu bersama perwakilan Bacaleg Muda PKS Jawa Tengah usai menandatangani kesiapan nyaleg dalam Pemilu 2024 di di Hotel Puri Asri, Magelang, Ahad (7/11).
LAUNCHING. Presiden PKS, Ahmad Syaikhu bersama perwakilan Bacaleg Muda PKS Jawa Tengah usai menandatangani kesiapan nyaleg dalam Pemilu 2024 di di Hotel Puri Asri, Magelang, Ahad (7/11).

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COMPartai Keadilan Sejahtera (PKS) menghadirkan 40 anak muda yang siap menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) dalam Pemilu 2024. Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam acara launching pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) muda PKS bertema “Anak Muda Otw Parlemen” menyatakan keseriusannya untuk melibatkan anak muda dalam kancah politik.

PKS menilai bahwa kreativitas serta semangat yang dimiliki anak muda sangat diperlukan dalam upaya pembangunan bangsa saat ini.

“Kami melihat bahwa anak kreatifitas anak muda sangat diperlukan dalam memecahkan solusi kebangsaan. Sehingga banyak pos-pos politik yang sudah seharusnya diisi anak muda. “Untuk itu PKS membuka kesempatan tersebut melalui pendaftaran caleg muda,” kata Presiden PKS saat memberikan sambutan di hadapan Bacaleg Muda PKS, di Hotel Puri Asri, Magelang, Ahad (7/11).

Ahmad Syaikhu juga menambahkan, berdasarkan statistik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, diprediksi usia produktif kembali mendominasi pada pemilu 2024 dengan jumlah 191.570.000 penduduk atau 67,9% dari total penduduk. Sedang sekitar 85 juta penduduk merupakan usia 17-35 tahun.

Ia menilai bahwa pemilih muda cenderung akan memilih wakil rakyat yang mampu mewakili ide-ide serta kreatifitas anak muda, atau bahkan mewakili generasinya. Untuk itu, perlu sekiranya PKS untuk melibatkan anak muda dalam pemilu 2024 nanti.

“Dengan banyaknya anak muda yang terlibat, bahkan duduk di kursi legislatif maka diharapkan proses demokrasi dan pemerintahan kita ke depan akan memiliki wajah-wajah dan ide baru yang lebih fresh,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Jawa Tengah Muh. Haris menyebutkan PKS Jateng menargetkan komposisi caleg muda sebanyak 15 % dari total caleg yang ada. Dan sebagai bentuk keseriusan maka beberapa caleg muda akan mendapatkan prioritas dalam pencalonan ke depan.

Artikel Menarik Lainnya :  Patuhi Inmendagri 62, Walikota Cegah Varian Botswana Masuk Magelang

“Bentuk komitmen kami adalah akan memberikan nomor prioritas kepada beberapa caleg muda. Karena menurut kami anak muda bukan hanya sebagai alat penggaet suara, tetapi adalah wakil dari generasi muda itu sendiri,” tuturnya.

Haris menambahkan bahwa keterlibatan anak muda di PKS bukan semata-mata mendekati pemilu saja. PKS Jawa Tengah sendiri sudah membentuk komunitas-komunitas kecil berbasis hobi yang mayoritas diisi oleh anak muda.

“Keterlibatan anak muda di PKS dirintis sejak lama, kami sudah membentuk komunitas anak muda berbasis hobi seperti PKS Art, PKS TV, Relawan Literasi dan lain sebagainya,” jelasnya. “Namun sekarang kita buka lebih luas lagi terutama untuk anak muda yang memang ingin terjun langsung ke politik dan membuka kesempatan tersebut melalui pendaftaran caleg muda,” pungkasnya.

Dalam launching juga secara simbolis dilakukan penandatanganan pendaftaran caleg muda yang dihadiri oleh Gamal Albinsaid, Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS daa anggota DPRD Jawa Tengah Fraksi PKS, serta Ketua Bidang kepemudaan DPW PKS Ashim Adzdzorif.

Usai melaunching pendaftaran bacaleg muda Jateng, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengunjungi pelaku UMKM di Magelang, yakni Kembolan Food di Kampung Ringinanom, Kelurahan Keramat Selatan, Magelang Utara.

Dalam kunjungannya,Presiden PKS memotivasi warga Kota Magelang untuk mengembangkan usaha dengan memaksimalkan potensi lokal karena posisi Magelang yang strategis sebagai daerah wisata. Ahmad Syaikhu sempat berdialog kepada pelaku UMKM dan mendengarkan keluh kesahnya. Ia mendukung berkembangnya UMKM. Pihaknya juga melakukan pendampingan dan pembinaan bersama kader-kader PKS yang sukses di bisnis sebagi mentor bisnis.(adv/hen)