Presiden Jokowi Beberkan Syarat Lepas Masker

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.COM – Akhirnya ada pelonggaran penggunaan masker di tengah kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Presiden Jokowi mengumumkan melalui siaran pers yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa 17 Mei 2022 petang.

Selain itu, pengumuman pelonggaran penggunaan masker di tengah pandemi covid-19 ini juga disalurkan melalui tayangan Youtube Sekretariat Presiden.

“Pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” buka Jokowi.

Ia menerangkan, ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan masyarakat untuk kebijakan terbaru ini.

Yakni masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka dan tak ada kepadatan orang, maka Jokowi membolehkan tanpa penggunaan masker.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka boleh untuk tidak menggunakan masker,” lanjut Jokowi.

Sebaliknya, lanjut Jokowi, penggunaan masker tetap berlaku bagi masyarakat yang melakukan aktivitas atau kegiatan di dalam ruangan tertutup dan transportasi publik.

Penggunaan masker juga akan tetap diberlakukan bagi warga rentan, lansia atau memiliki penyakit bawaan atau kormobid.

Selain itu, Jokowi juga tetap memberlakukan warga yang mengalami gejala batuk pilek agar tetap mengenakan masker.

“Demikian juga masyarakat yang alami gejala batuk pilek maka tetap harus gunakan masker ketika melakukan aktivitas,” jelas Jokowi.

Kebijakan ini hampir mirip yang diterapkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat ini. Kabar ini pun setidaknya menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia.

Tampaknya kebijakan mengenai transisi peralihan dari pandemi ke endemi mulai dijalan pemerintah, seiring dengan penurunan kasus penularan Covid-19 di Indoensia. (dis)