Prajurit TNI Harus Selalu Jaga Profesionalisme, Puluhan Prajurit Kodim Purworejo Ikuti UJT

UJIAN. Prajurit TNI berpangkat Tamtama dan Bintara saat mengikuti uji terampil jabatan.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Puluhan prajurit TNI di lingkungan Kodim 0708 Purworejo yang berpangkat Bintara dan Tamtama mengikuti Uji Terampil dan Jabatan (UTJ) yang digelar selama tiga hari dan berakhir pada akhir pekan lalu di Kompleks Alun-alun Purworejo. UTJ tersebut dilaksanakan untuk menjaga profesionalitas prajurit TNI dalam menjalankan tugasnya.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim SSos MSi menyampaikan uji terampil jabatan merupakan metode untuk menguji prajurit dalam melaksanakan tugas sesuai dengan pangkat dan jabatan. Baik terkait pemahaman maupun penguasaan terhadap pengetahuan yang dimiliki setiap prajurit.

“Uji terampil jabatan ini merupakan tindak lanjut dari uji terampil perorangan, yang mana kegiatan ini untuk mengukur kemampuan sesuai dengan tugas dan jabatan masing masing prajurit,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan dengan adanya kegiatan UTJ setiap prajurit bisa mempedomani referensi yang ada dengan mengaplikasikanya sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan serta akan meningkatnya kemampuan untuk menunjang tugas sebagai aparat komando kewilayahan.

“UTJ merupakan pembinaan personil dan latihan sebagai realisasi program kerja sebagai bekal setiap prajurit dan memahami jabatan yang diemban,” pungkasnya.

Kapten Infanteri Sutrino selaku komandan latihan menjelaskan, kegiatan merupakan lanjutan dari Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) dan Latihan Perorangan Umum (Latorum)  yang bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan anggota dalam penguasaan tugas sesuai dengan jabatan yang di emban.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan UTJ ini untuk mendukung pelaksanaan tugas satuan sarta profesionalisme prajurit dalam mengemban jabatannya.Dalam pelaksanaanya peserta akan menjawab pertanyaan dari penguji sesuai dengan jabatan masing masing.

“Pelaksanaan UTJ di ikuti oleh prajurit dengan jabatan Tamtama Pelayan Radio (Tayanrad), Tamtama Pelayan Pengemudi (Tamudi), Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bintara Tinggi Urusan Dalam (Bati Tuud), Batih Penghubung Koramil, Batih Bakti TNI Koramil, Batih Komsos Koramil dan Batih Wanwil,” ungkapnya. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Gugatan Warga Bendungan Bener Dikabulkan Sebagian