PPKM Turun ke Level 2, Pemkab Purworejo Terus Bekerja Keras Tangani Pandemi

Bupati Purworejo Agus Bastian beserta jajaran meninjau sentra vaksinasi di kawasan Pendopo Kabupaten Purworejo, belum lama ini.
TINJAU VAKSINASI. Bupati Purworejo Agus Bastian beserta jajaran meninjau sentra vaksinasi di kawasan Pendopo Kabupaten Purworejo, belum lama ini.

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Turunnya status PPKM menjadi level 2 di Kabupaten Purworejo tidak membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berhenti kerja keras dalam menangani pandemi Covid-19. Berbagai upaya akan terus dilakukan, mulai dari penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat di segala lini, akselerasi vaksinasi, hingga pemulihan ekonomi.

Bupati Purworejo, RH Agus Bastian SE MM mengemukakan bahwa Pemkab Purworejo bersama seluruh masyarakat patut bersyukur atas turunnya level PPKM di Kabupaten Purworejo.

“Penurunan status Kabupaten Purworejo menjadi level 2 PPKM, patut kita syukuri bersama,” kata Bupati Agus Bastian, Rabu (3/11).

Menurutnya, penurunan status PPKM ke level 2 yang dicapai tidak lepas dari berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab bersama seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19.

Capaian cakupan vaksinasi di Kabupaten Purworejo saat ini sudah lebih dari 50 persen. Hal itu juga salah satu faktor pendukung turunnya Kabupaten Purworejo ke PPKM level 2.

“Karena cakupan vaksinasi dosis 1 mencapai 52,9 persen,” sebutnya.

Pihaknya menilai percepatan vaksinasi di Kabupaten Purworejo cukup berhasil. Selain kerja keras Pemkab bersama sejumlah stakeholder, masifnya vaksinasi juga didukung oleh antusiasme masyarakat dalam mengikuti vaksinasi.

“Antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 merupakan salah faktor penting yang sangat mendukung penurunan level PPKM,” ungkapnya.

Kendati demikian, Bupati meminta seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan Prokes.

“Masyarakat hendaknya jangan lengah dan harus tetap displin menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Percepatan vaksinasi selama ini juga mendapatkan perhatian penuh dari Wakil Bupati (Wabup) Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH. Dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya rutin turun  ke sejumlah wilayah untuk melakukan monitoring dan memastikan pelaksanaannya terkoordinasi.

Monitoring terbaru dilakukan Wabup di enam lokasi vaksinasi yang tersebar di enam kecamatan. Masing-masing yakni di Pendopo Kutoarjo, Desa Jelok Kecamatan Kaligesing, Desa Sumberagung Kecamatan Grabag, Desa Rowodadi Kecamatan Butuh, Kantor Kecamatan Pituruh, serta Desa Rejosari Kecamatan Kemiri.

Artikel Menarik Lainnya :  Pedagang Terdampak Pasar Purworejo Tuntut Keadilan

“Alhamdulillah kita lihat semuanya berjalan lancar. Kendala kecil itu pasti ada, tapi langsung bisa kita carikan solusi di lapangan,” kata Wabup. (top/adv)