PPKM Diperpanjang, Pedagang Kuliner di Kabupaten Magelang hanya Pasrah

PUSAT KULINER. Pandemi Covid 19 membuat Pusat Kuliner Mertoyudan sepi pengunjung.
PUSAT KULINER. Pandemi Covid 19 membuat Pusat Kuliner Mertoyudan sepi pengunjung.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pedagang di Pusat Kuliner Mertoyudan Magelang hanya bisa pasrah terkait Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kabupaten Magelang yang diperpanjang hingga tanggal 9 Agustus 2021.

“Karena telah menjadi ketentuan dan kebijakan pemerintah maka selaku warga saya hanya bisa patuh,” ucap salah satu pedagang di Pusat Kuliner Mertoyudan, Darmuji, Selasa (3/8/2021).

Meskipun ada kelonggaran, pembeli bisa makan di tempat, untuk PPKM level 3 selama 30 menit, untuk PPKM level 4 selama 20 menit, namun hal itu tidak mampu menarik pembeli.

“Sama saja, tetap saja sepi, banyak bangku yang kosong, pembeli yang makan ditempat jarang sekali. Hal itu memang bagus untuk penanganan Covid 19, karena tidak ada kerumunan, namun untuk pemasukan pedagang kuliner menjadi sangat minim,” ungkap Darmuji.

Terdapat 28 pedagang di Pusat Kuliner Mertoyudan, yang saat ini bertahan hanya 5% pedagang, dimana para pedagang yang bertahan tersebut sudah mempunyai pelanggan tetap. Ditambah posisi letak Pusat Kuliner Mertoyudan yang mengalami pergeseran, dimana awalnya berada dekat dengan jalan raya Magelang – Jogjakarta, sekitar dua tahun lalu bergeser masuk lebih kedalam.

“Banyak yang memilih tidak berjualan dari pada terus merugi karena ada pandemi Covid 19. Dulu waktu tempat ini belum digeser digeser masuk, jauh lebih ramai. Namun setelah lebih masuk lagi pendapatan pedagang turun 50%. Namun ada juga sebagian kecil pedagang yang pendapatannya meningkat, karena telah mempunyai pelanggan tetap,” terang Darmuji.

Sementara, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, mengatakan, berdasarkan Instruksi Bupati Magelang Selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid -19, Kabupaten Magelang Nomor 6 Tahun 2021Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 DI Kabupaten Magelang, menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4. Terdapat beberapa perubahan waktu makan ditempat.

Artikel Menarik Lainnya :  Reaksi Kuda Lumping dan Topeng Ireng Saat Jalani Vaksinasi Covid-19

“Pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum, yaitu warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan maksimal pengunjung makan ditempat 3 (tiga) orang dan waktu makan maksimal 20 (dua puluh) menit. Sebelumnya pada penerapan PPKM level 3, waktu makan maksimal 30 menit,” terang Nanda.(cha)