Positif Covid-19 di Purworejo Menurun Drastis, Masyarakat Diimbau Tetap Tidak Lengah

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo semakin rendah. Saat ini, warga terpapar virus Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tinggal 4 orang. Sementara warga yang menjalani isolasi mandiri ada 20 orang.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT-KL, M.Kes saat dimintai konfirmasi wartawan, Minggu (10/4) mengungkapkan, dari jumlah tersebut tambahan kasus positif Covid-19 hari ini dua orang, serta tidak ada yang meninggal dunia. Sedangkan yang selesai menjalani isoman ada dua orang dan hanya satu orang.

dr Tolkha menambahkan, meski kondisi membaik, tapi 12 RS yang ada di Purworejo tetap menyiapkan ruangan untuk perawatan pasien suspek maupun positif Covid-19.

“Jumlahnya sebanyak 134 TT dari 12 RS di Purworejo. Dari jumlah tersebut, 18 TT diantaranya atau 6 persen dipakai. Sedangkan ruang ICU Covid-19 sebanyak 14TT, empat diantaranya atau 28 persen dipakai,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Agus Bastian berharap agar masyarakat dapat turut serta dalam program vaksinasi yang sedang dilakukan secara masif oleh pemerintah. Termasuk vaksinasi booster yang merupakan syarat utama untuk masyarakat dapat beraktivitas dengan leluasa.

“Vaksinasi dosis lengkap dan booster merupakan kunci bagi warga yang akan melakukan perjalanan baik melalui darat, laut, maupun udara,” katanya.

Selain itu Bupati juga menekankan pentingnya memaka masker dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan masker secara benar dan tepat terbukti mengurangi resiko penularan virus antar manusia.

“Salah satu anak saya itu ada yang disiplin sekali pakai masker. Dan memang ketika yang lain terkena batuk, flu maupun pilek seringkali dia yang sehat sendiri. Ini menunjukan bahwa menggunakan masker dapat meminimalisir kita tertular virus,” terangnya. (luk)