Polres Temanggung Siapkan 5.000 Vaksin untuk Pedagang dan Pengunjung Pasar

VAKSIN. Petugas Kesehatan Temanggung sedang melakukan vaksinasi covid-19 di pasar Kliwon Temanggung kemarin. (foto : setyo wuwuh/temanggung ekspres)
VAKSIN. Petugas Kesehatan Temanggung sedang melakukan vaksinasi covid-19 di pasar Kliwon Temanggung kemarin. (foto : setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – 5.000 vaksin Covid-19 disiapkan untuk pedagang dan pengunjung di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung. Pedagang dan pengunjung pasar bisa melakukan vaksinasi tahap pertama, kedua maupun ketiga.

“Jika jumlah 5.000 vaksin ini masih kurang, maka akan kami ajukan permintaan lagi ke Dinas Kesehatan,” kata Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pasar setempat, Jumat (11/2).

Ia mengatakan, sengaja memilih pasar untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, mengingat pasar menjadi salah satu tempat berkumpulnya masyarakat. Sehingga cukup efektif untuk pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19.

Selain itu lanjutnya, pasar juga sebagai salah satu tempat yang sangat strategis untuk melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19.

“Jadi tidak hanya vaksinasi saja, tapi juga sebagai tempat untuk sosialisasi kepada masyarakat, semua kalangan masyarakat ada di pasar ini,” jelasnya.

Kapolres menyatakan, vaksinasi percepatan ini tidak hanya di Pasar Kliwon Temanggung saja, namun juga dilakukan di Pasar Legi Parakan. Dua pasar ini dipilih karena memang pasar tersebesar di Temanggung.

Pelaksanaan vaksinasi sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 11-17 Febuari, selama rentan waktu ini masyarakat bisa meminta vaksinasi di tempat tersebut sesuai dengan kebutuhan vaksinasi.

“Selain itu kami juga mengingatkan kepada pedagang maupun pengunjung untuk selalu menggunakan masker sehingga orang-orang pasar yang sering ketemu, bertransaksi diharapkan yang belum vaksin segera untuk melaksanakan vaksinasi,” katanya.

Kapolres Temanggung menyebutkan sesuai dengan data saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung dosis I sebanyak 89 persen, dosis II 80 persen, kemudian kelompok lansia dosis I 69 persen dan dosis II 59 persen dan untuk anak-anak sudah 84 persen.

“Karena yang lansia capaiannya masih di bawah 70 persen, maka kami prioritaskan dalam kegiatan ini untuk vaksinasi lansia, tetapi kalau memang ada warga atau pengunjung maupun pedagang pasar yang mau vaksinasi dosis I, II, dan III juga kami layani,” katanya.

Ia menambahkan, kampanye protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 wajib terus dilakukan, karena pandemi Covid-19 hingga saat ini belum berakhir. (set)