Polres Temanggung Beri Reward dan Punishment antar Polsek 

SIMBOLIS. Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin memberikan reward dan punishment kepada anggota saat apel pagi di halaman Mapolres setempat, (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
SIMBOLIS. Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin memberikan reward dan punishment kepada anggota saat apel pagi di halaman Mapolres setempat, (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Kepolisian Sektor (Polsek) Kranggan Polres Temanggung diganjar bendera hitam, lantaran dinilai kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitar Mapolsek.

“Pemberian bendera hitam ini, karena kebersihan lingkungan di mapol tidak dijaga dengan baik,” kata Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin saat apel pagi di halaman Mapolres setempat Rabu (2/2).

Kapolres menjelaskan pemberian reward dan punishment kepada Polsek di jajaran Polres Temanggung tersebut meliputi kerapian serta pemeliharaan kebersihan di lingkungan masing-masing Polsek, dengan cara memberikan bendera hitam kepada Polsek yang mendapatkan penilaian terendah dan memberikan bendera kuning untuk Polsek dengan penilaian paling tinggi.

“Penghargaan (reward) diberikan kepada Polsek Ngadirejo sebagai Polsek penilaian tertinggi dengan simbol bendera kuning, sedangkan hukuman (punishment) diberikan kepada Polsek Kranggan penilaian terendah dengan simbol bendera hitam,” jelasnya.

Menurur Kapolres, pemberian bendera kuning dan bendera hitam ini bukan untuk menjatuhkan, namun untuk menjadikan contoh dan motivasi bagi yang lainnya untuk lebih baik dan lebih semangat lagi dalam menjalankan tugas kepolisian di wilayahnya masing-masing.

“Kegiatan tersebut akan dilaksanakan enam bulan sekali agar bisa memicu semangat kerja, menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kerja baik Satker Polres maupun Polsek Jajaran,” tambahnya.

Reward dan punishment merupakan sebuah bentuk apresiasi pimpinan Polres Temanggung kepada suatu prestasi tertentu yang telah dicapai oleh Polsek jajaran dalam menjalankan perintah dan kebijakan pimpinan untuk tugas kepolisian di wilayah masing-masing.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini kita harus menjaga kebersihan lingkungan, terutama kebersihan mako kita, karena mako adalah rumah tinggal kita yang kedua, bagaimana kita bisa bekerja secara maksimal kalau tempat kerja kita tidak enak,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres juga memberikan penghargaan kepada sejumlah personel dengan kategori penilaian sikap tampang, kategori tertib administrasi, kategori keaktifan penilaian 13 komponen serta kategori kinerja.

“Semoga dengan adanya reward ini dapat menjadikan motivasi dan memacu semangat dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan kebersihan lingkungan kerja lebih nyaman dan anggota merasa memiliki,” pungkasnya. (set)