Polres Magelang Kota Targetkan 1.580 Vaksin untuk Masyarakat

MASSAL. Vaksinasi massal di GOR Samapta Kota Magelang dilakukan secara bertahap dan bergilir untuk menghindari kerumunan. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
MASSAL. Vaksinasi massal di GOR Samapta Kota Magelang dilakukan secara bertahap dan bergilir untuk menghindari kerumunan. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Menyambut Hari Bhayangkara ke-75 1 Juli 2021 mendatang, Polres Magelang Kota menggelar vaksinasi massal, Sabtu (26/6). Antusiasme masyarakat Kota Magelang dan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 cukup tinggi. Vaksinasi yang digelar di tiga tempat dan dengan penjadwalan tersebut diikuti setidaknya 1.580 orang.

Tiga lokasi yang dipakai untuk mengantisipasi kerumunan antara lain GOR Samapta, Gedung Kyai Sepanjang, dan Gedung Wanita. Warga di masing-masing desa dan kelurahan diundang berdasarkan ketentuan jam yang telah tertera.

Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin di sela meninjau vaksinasi massal di GOR Samapta mengatakan, pelaksanaan di tiga tempat ini sengaja untuk mengantisipasi kerumunan massa.

”Di GOR Samapta sebanyak 550 orang, Gedung Kiai Sepanjang 530 orang, dan Gedung Wanita 500 orang, dan jumlah total yang diberi vaksin mencapai 1.580 orang,” katanya.

Asep mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut secara terpadu melibatkan semua unsur yang berasal dari Pemkot Magelang, TNI, Polri termasuk dari tenaga kesehatan dari beberapa fasilitas kesehatan (faskes) di wilayah Kota Magelang.

Vaksinasi Sinovac massal ini, dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-75 yang mengangkat tema “Serbuan Vaksinasi Nasional Nasional 1 Hari 1 Juta Orang, dan serentak dilakukan di 36 Polda di seluruh Indonesia”. Ia berharap, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bisa meningkatkan imunitas tubuh bagi para penerima vaksinasi, sehingga bisa mencegah penularan virus corona.

“Kami juga sangat berharap, vaksinasi massal ini bisa menjangkau seluruh masyarakat Kota Magelang. Kegiatan semacam itu akan terus berlanjut sehingga seluruh masyarakat mendapatkan vaksin,” katanya.

Asep berpesan agar masyarakat yang telah divaksin agar tetap menjala protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu juga menerapkan 3M dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, vaksinasi hanya merupakan upaya pengurangan risiko gejala yang membahayakan, bukan berarti kebal terhadap penularan.

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Citra Medika Terpilih Jadi Sekolah Pusat Keunggulan

”Untuk itu saya berharap, masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat, walaupun sudah divaksin,” tuturnya.

Setelah mendapatkan dosis pertama, ke-1.580 warga ini dijadwalkan mendapatkan dosis yang kedua secara bertahap mulai 24-27 Juli 2021 mendatang. Menurut rencana, lokasi vaksinasi jilid kedua akan dipusatkan di Klinik Polres Magelang Kota.

”Kita lakukan penjadwalan dengan rentang waktu yang agak lama supaya terhindar dari kerumunan. Aturannya nyaris sama dengan dosis pertama, yaitu harus lolos screening dan wawancara dulu. Kalau yang sakit, sebaiknya ditunda,” tandasnya.

Program vaksinasi massal yang dilakukan Polres Magelang Kota ini pun mendapat apresiasi tinggi dari jajaran Pemkot Magelang. Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono memberikan apresiasi kepada instansi kepolisian, karena keterlibatan serius selama ini terhadap penanganan Covid-19.

”Ini sangat diperlukan sekali oleh masyarakat, dengan vaksinasi ini masyarakat dapat dalam mencegah penyebaran Covid-19. Saya berharap kegiatan semacam itu terus dilakukan, karena banyak masyarakat Kota Magelang yang memanfaatkan kegiatan tersebut,” ujarnya. (wid)