Polres Magelang Kota Siagakan 500 Personel Jelang Pilkada

PIDATO. Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ary Setyawan saat memberikan pidato kepada warga di sela kegiatannya 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Polres Magelang Kota mulai mempersiapkan langkah strategis pengamanan kontestasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Magelang. Instansi kepolisian menyiagakan setidaknya 500 personel yang akan diterjunkan di titik-titik strategis.

“Proses pelaksanaan pilkada ini kita telah merumuskan langkah-langkah dalam setiap tahapan. Sudah merapatkan perkiraan kondisi apa yang mungkin terjadi. Kaitannya dengan kamtibmas dalam proses tahapan pilkada tersebut. Untuk pelaksanaan pilkada kita mengerahkan personel di tiap tahapan,” kata Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ary Setyawan, kemarin.

Nugroho mengatakan, skema aman menjadi strategi pertama di mana pihaknya akan melakukan pengamanan terhadap lokasi-lokasi yang menjadi titik kumpul. Termasuk juga Kantor KPU Kota Magelang, karena nanti akan dijadikan lokasi pendaftaran bakal pasangan calon.

“Kemudian mengantisipasi ada eskalasi permasalahan yang berpotensi terjadi konflik antar pihak. Anggota kita siapkan menjadi pasukan cadangan untuk antisipasi apabila terjadi konflik,” katanya.

Jumlah personel yang dilibatkan sekitar 500 petugas kepolisian lebih. Baik dalam hal pengamanan maupun mengatasi eskalasi tertentu.

“Selain itu juga di-backup dari Kodim, TNI, pengamanan, di-backup Polres daerah tetangga. Ada Brimob paling dekat yang bisa Purworejo, Kutoarjo, dalam waktu setengah jam bisa datang,” ujar Nugroho.

Pihaknya pun mengupayakan semua yang terbaik agar kondusivitas bisa dalam seluruh tahapan dapat terjaga dengan baik. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Korban Pembunuhan dengan 'Racun Sianida' oleh Dukun Pengganda Uang Bertambah, Kali Ini Warga Sleman