Polres Magelang Kota Fasilitasi Vaksin Moderna untuk Umum

MODERNA. Masyarakat umum mulai mendapatkan imunisasi tahap pertama menggunakan vaksin Moderna, yang diklaim memiliki efikasi hingga 94 persen. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
MODERNA. Masyarakat umum mulai mendapatkan imunisasi tahap pertama menggunakan vaksin Moderna, yang diklaim memiliki efikasi hingga 94 persen. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebagian masyarakat di Kota Magelang mulai menerima vaksinasi dosis pertama dengan vaksin Moderna. Terbaru, Jaringan Muda Nahdlatul Ulama (JarmuNU) Magelang Raya menggelar aksi peduli vaksinasi Covid-19 bagi warga Kota Magelang, di klinik Polres Magelang Kota. Kegiatan tersebut menjadi upaya menciptakan kekebalan kolektif mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua Panitia Aksi Peduli Vaksinasi JarmuNU, Khaifidzudin Faisal Sastro, menjelaskan upaya sosialisasi dan percepatan vaksinasi dirasa penting dilakukan dalam bingkai koordinasi lintas sektoral antara masyarakat berbasis komunitas dengan pemangku kebijakan.

”Kegiatan ini untuk menggugah kembali semangat pengabdian generasi muda NU kultural di wilayah Magelang Raya dalam memberikan layanan informasi, edukasi dalam bentuk vaksinasi untuk warga Magelang,” kata Faisal, Sabtu (28/8).

Aksi kali ini menggunakan vaksin merk Moderna. Sasarannya adalah warga NU dan masyarakat Umum Kota Magelang, yang berusia 16-60 tahun.

Pihaknya menargetkan sebanyak 300 peserta. Dari jumlah itu, setidaknya 285 peserta kini sudah divaksin.

”Semoga menjadi bukti kebersamaan dalam mewujudkan warga Magelang sehat dan segera bisa bekerja dengan kebiasaan baru,” tuturnya.

Kepala Satuan Koordinasi Nasional Banser Tanggap Bencana (Kasatkornas Bagana) Chabibulloh menambahkan, vaksinasi massal menjadi bagian instruksi Satgas Covid-19 PP Ansor. Beberapa pihak yang terlibat antara lain Banom NU Kota Magelang, Keluarga besar Mahasiswa Islam Magelang (KARISMA), Pemkot Magelang, PDAM Kota Magelang, PCNU Kota Magelang, dan BAZNAS Kota Magelang.

”Dengan keterlibatan banyak elemen masyarakat ini tentu saja akan semakin mendorong terciptanya percepatan herd immunity masyarakat,” ujar Chabib.

Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono memberi apresiasi kepada JarmuNU Magelang Raya karena telah mendukung percepatan vaksinasi di wilayahnya.

”Semoga kegiatan ini bisa memutus penularan Covid-19 dan PPKM di Kota Magelang segera turun level,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Harapan Walikota Magelang, Gelora Sanden Bisa Berikan Kontribusi Positif bagi Olahraga dan PAD

Sementara itu, Kapolres Magelang Kota, AKBP Asep Mauludin menuturkan, kegiatan vaksinasi akan terus berlangsung hingga tercipta herd immunity seluruh masyarakat. Ia berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 meskipun sudah divaksin.

”Untuk vaksinasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya tubuh kita dari Covid-19, namun demikian jangan jadi abai meski sudah divaksin. Protokol kesehatan harus tetap menjadi kedisiplinan diri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, masyarakat di Kota Magelang mulai diimunisasi menggunakan vaksin Moderna. Sebelumnya, vaksin dari Amerika Serikat tersebut juga dijadikan booster untuk kalangan tenaga kesehatan (Nakes).

Vaksin Moderna memiliki efikasi (kemanjuran) di atas 94 persen. Jumlah itu ternyata belum menjadi yang tertinggi. Sebab, vaksin yang juga dari Amerika Serikat yakni Pfizer berdasarkan kajian WHO, menjadi vaksin dengan efikasi tertinggi mencapai 95 persen.

Di bawah dua vaksin tersebut, AstraZeneca dari Inggris mengumumkan tingkat efikasinya mencapai 76 persen. Lalu ada Sinovac dari Tiongkok memiliki efikasi 65 persen. (wid)