Polres dan Kodim Temanggung Salurkan Obat-obatan pada Warga Terdampak PPKM

BAGIKAN. Kapolres Temanggung AKBP Burhanudin menyalurkan bantuan secara langsung di wilayah hukum Polres Temanggung. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
BAGIKAN. Kapolres Temanggung AKBP Burhanudin menyalurkan bantuan secara langsung di wilayah hukum Polres Temanggung. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pembagian obat-obatan dan beras dilakukan untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

Selama PPKM dilaksanakan, mayoritas masyarakat saat ini sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19, apalagi bagi masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Masyarakat yang sedang menjalankan isoman ini selain butuh bantuan bahan pangan juga butuh obat untuk memulihkan kondisinya,” kata Komandan Kodim 0706/Temanggung, Letkol Czi Kurniawan Hartanto, Jumat (23/7).

Menurut Dandim, Kodim 0706 Temanggung dipercaya untuk mendistribusikan obat-obatan kepada masyarakat yang sedang menjalankan isoman. Obat-obatan ini dari pemerintah pusat yang sesegera mungkin harus diberikan.

“Langsung kami distribusikan kepada masyarakat yang sedang menjalakan isoman, melalui Babinsa dan unsur lainnya di jajaran Kodim 0706 Temanggung,” jelasnya.

Dandim menyebutkan, saat ini masyarakat Temanggung yang sedang menjalankan isoman jumlahnya sekitar 620 orang. Namun untuk sementara ini baru ada 300 paket obat yang didapat dari pemerintah.

“Kami utamakan masyarakat kurang mampu,” tegasnya.

Dandim mengungkapkan, pendistribusian paket obat tersebut sudah tepat sasaran. Karena sebelumnya di lapangan ada anggota yang melakukan pendataan, serta telah berkoordinasi dengan petugas dari puskesmas.

Dia berharap, bantuan paket berupa obat untuk menghilangkan gejala Covid-19 dan vitamin dapat membantu penyembuhan warga yang sedang menjalani isoman di rumah.

“Tiap paket obat diberikan kepada warga isoman yang berbeda, jadi sebelumnya kita sudah koordinasi supaya tidak salah memberikan paketnya. Paket obat ini terdiri dari 3 macam, Tipe 1 untuk yang tidak bergelaja, tipe 2 bagi yang bergejala seperti demam dan tidak bisa membau. Tipe 3 itu demam, tidak mambau sekaligus batuk-batuk dan agak sesak,” jelasnya.

Di sisi lain, Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin dan Kapolsek jajaran melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian paket sembako, masker dan multi vitamin kepada warga yang sedang terdampak Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya :  Reaksi Kuda Lumping dan Topeng Ireng Saat Jalani Vaksinasi Covid-19

Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan dengan cara door to door ini sebagai wujud negara hadir dan untuk mengetahui secara langsung apa yang menjadi kendala di masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Temanggung.

“Hari ini kita bagikan bantuan sosial berupa paket sembako dan vitamin kepada Bapak Dahuri dan Ibu Rubini warga Desa Candiroto Kecamatan Candiroto yang mengalami musibah. Semoga dengan bantuan tersebut dapat meringankan kebutuhan sehari-harinya,” tuturnya.

Selepas itu, Kapolres bersama rombongan juga menyalurkan bantuan yang sama di Desa Semen Kecamatan Wonoboyo kepada Bapak Sudiro dan Bapak Madiono. (set)