PMI Kota Magelang Serahkan Penghargaan Bagi Pendonor Secara Drive Thru

PMI Kota Magelang Serahkan Penghargaan Bagi Pendonor Secara Drive Thru

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG -Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang menyerahkan penghargaan kepada pendonor darah sukarela sebanyak 41 orang secara drive thru di Borobudur Golf, Selasa (23/2). Pendonor yang mendapatkan penghargaan adalah yang telah mendonorkan darah sebanyak 50 dan 75 kali. Penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah itu sebelumnya telah diserahkan kepada PMI Kota Magelang pada Oktober lalu sebagai apresiasi terhadap pendonor yang rutin melakukan donor darah.
Pemberian penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Magelang Joko Budiyono, secara drive thru didampingi Ketua PMI Kota Magelang Sumartono dan Kepala Unit Donor Darah Kota Magelang dr. Bramantyo Angga Kesuma.
Ketua PMI Kota Magelang, Sumatono mengatakan Penyerahan Piagam Penghargaan DDS Tahun 2020, tidak seperti tahun sebelumnya di laksanakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja oleh Gubernur Jateng, namun dikarenakan pandemi Covid 19 penyerahan di laksanakan di masing – masing PMI Kota / Kabupaten di Jawa Tengah. Sebanyak 41 pendonor yang terdiri dari 75 kali, sebanyak 7 orang, dan 50 kali sebanyak 34. “Penyerahan dilakukan secara drive thru karena masih dalam suasana pandemi Covid 19, untuk menghindari kerumunan. Selain itu, penghargaan ini untuk memberikan semangat bagi pendonor-pendonor lain untuk bersemangat mendonorkan darahnya, sejauh ini dengan adanya Covid jumlah pendonor berkurang. Acara-acara penyelenggaraan donor darah jika pada biasanya bisa 4 kali per bulan saat Covid berkurang,”tuturnya.
Dokter Bramantyo membenarkan jika persediaan darah di PMI Kota Magelang berkurang 40 persen. Para pendonor darah merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, yang dengan tulus ikhlas memberikan darah untuk kepentingan umat dan misi kemanusiaan. Terlebih lagi di masa pandemi yang berdampak pada kurangnya persediaan darah di PMI. “Jika biasanya ada stok darah, kini jika ada stok langsung disalurkan. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih jika ada masyarakat yang datang dengan sukarela mendonorkan darahnya,”kata Bram.
Plh. Wali Kota Magelang yang juga selaku Dewan Kehormatan PMI Kota Magelang mengatakan Pemkot Magelang memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada pendonor yang telah melakukan donor darah tanpa pamrih. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, keikhlasan dan kegotongroyongan yang diwujudkan oleh PMI di seluruh kegiatannya. “Harapan saya, bapak ibu sekalian sebagai motivator kepada masyarakat yang lain agar mau membantu orang lain dengan memdonorkan darah untuk sesama,” imbuh Joko. (hen)

Artikel Menarik Lainnya :  Masih Pandemi, Haul Syekh Subakir Diadakan Sederhana