PMI Kota Magelang Berikan Voucher Rp100 Ribu bagi Pendonor Plasma Konvalesen Covid-19

TINJAUAN. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz saat meninjau donor darah plasma konvalesen penyintas Covid-19 di UDD PMI Kota Magelang, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
TINJAUAN. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz saat meninjau donor darah plasma konvalesen penyintas Covid-19 di UDD PMI Kota Magelang, kemarin. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang menggelar sayembara donor plasma konvalesen berhadiah voucher pulsa senilai Rp100 ribu guna membantu pasien Covid-19. Layanan darah plasma konvalesen ini akan dimulai hari ini, Senin (23/8).

“Hadiah pulsa ini bukan untuk iming-iming penyintas Covid-19 agar stok plasma darah di PMI terisi kembali, melainkan sebagai sebuah bentuk penghargaan atas jiwa kepahlawanannya membantu sesama di tengah wabah virus,” kata Kepala UDD PMI Kota Magelang, dr Bramantyo Angga Kesuma, Minggu (22/8).

Saat ini sudah ada 6 kantong yang siap untuk memenuhi permintaan. Namun sebelum ditransfusi, plasma darah itu akan diperiksa terlebih dahulu.

“Sudah dapat 6 kantung dan sedang kita periksa. Hasilnya baru keluar besok sore (hari ini),” ujarnya.

Dia menjelaskan, donor darah plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma penyintas kepada pasien yang masih terinfeksi Covid-19.

“Pasien yang membutuhkan bisa langsung ajukan permintaan. Untuk pemberiannya tergantung ketersediaan stok. Kalau tidak ada stok, maka kami akan coba carikan pendonornya,” jelasnya.

Pihaknya sudah menjadwalkan donor plasma konvalesen ini setiap hari Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu pukul 08.00-21.00. Pendonor bisa mendatangi langsung UDD PMI Kota Magelang sambil membawa print out atau fotocopy hasil swab positif dan hasil swab negatif atau surat keterangan selesai isolasi.

“Nanti di UDD kami akan lakukan beberapa pemeriksaan awal. Apabila memenuhi syarat, maka lanjut ke proses donor. Karena keterbatasan alat, kami juga mengirimkan beberapa pemeriksaan ke UDD PMI Kota Semarang,” tuturnya.

Proses donor, kata dr Bram, sama seperti donor darah biasanya. Hanya saja, volume darah yang diambil sedikit lebih banyak yakni 450 ml, sedangkan donor darah biasa hanya 350 ml.

Artikel Menarik Lainnya :  Hari Pertama PTM, Siswa SMP Mutual Langsung Ujian

“Waktu donasinya maksimal 3 bulan setelah sembuh dan jarak antar-donasi 2 bulan,” katanya.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono mengajak para penyintas Covid-19 untuk berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan ini. Menurutnya, metode donor plasma sangat dibutuhkan bagi para pasien terinfeksi yang masih berjuang untuk sembuh.

“Dengan semangat kemanusiaan, bersama-sama, dan gotong-royong kita ingin bahwa kita bisa melawan Covid-19. Reward voucher pulsa ini tidak ada nilainya dibandingkan aksi mulia para penyintas, membantu para pasien terinfeksi Covid-19, supaya lekas sembuh,” tandasnya. (wid)