PMI Kota Magelang Beri Layanan Tabung Oksigen

BAKSOS. Relawan PMI Kota Magelang memberikan layanan tabung oksigen kepada pasien yang tengah dirawat di rumah, belum lama ini. (foto : dok/magelang ekspres)
BAKSOS. Relawan PMI Kota Magelang memberikan layanan tabung oksigen kepada pasien yang tengah dirawat di rumah, belum lama ini. (foto : dok/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang melanjutkan bakti sosial. Namun, kali ini bakti sosial itu diwujudkan berupa pelayanan tabung oksigen bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono mengatakan, kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia Tahun 2021. Kegiatan yang diberi nama “Napas Kemerdekaan” itu berwujud pelayanan dan pemasangan emergency oksigen secara gratis untuk masyarakat Kota Magelang yang membutuhkan bantuan oksigen selama bulan Agustus 2021.

“Peluncuran pelayanan tabung oksigen bagi masyarakat Kota Magelang bertepatan dengan memperingati datangnya Tahun Baru Islam 1443 H dan juga Kemerdekaan RI,” katanya, kemarin.

Mantan Inspektur Inspektorat Kota Magelang itu menjelaskan, pelayanan oksigen gratis ini diperuntukan bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah, atau pasien non Covid 19 yang sedang menjalani  perawatan di rumah. Tabung oksigen bisa dipakai atau dipinjamkan dalam waktu 1X24 jam atau maksimal 3X24 jam (tiga hari) dengan isinya.

Sumartono mengatakan, saat ini kebutuhan oksigen sangat tinggi. Karena itu, langkah PMI diharapkan dapat meringankan beban masyarakat akan kebutuhan oksigen.

“Semoga bisa memberikan manfaat serta dapat meningkatkan penyembuhan pasien, serta merupakan wujud nyata PMI dalam percepatan pemulihan dari pandemi Covid-19. Termasuk wujud kepedulian PMI Kota Magelang akan kebutuhan oksigen di masa Pandemi Covid 19,” ujarnya.

Dia menyebut, hingga saat ini sudah lebih dari tiga pemesanan layanan itu sudah diantarkan. Dia juga mengajak masyarakat mendonasikan melalui PMI Kota Magelang untuk mengoptimalkan aksi kemanusiaan di Kota Magelang. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Ini Kata Presiden Jokowi Mengenai Penurunan Kasus COVID-19