Plengkung Fashion Week, Adopsi Citayam Fashion Week Ala SMK Negeri 3 Magelang

BUSANA. Siswa SMK Negeri 3 Magelang memeragakkan fashion jalanan bertajuk Plengkung Fashion Week, akhir pekan lalu. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
BUSANA. Siswa SMK Negeri 3 Magelang memeragakkan fashion jalanan bertajuk Plengkung Fashion Week, akhir pekan lalu. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Citayam Fashion Week yang viral di semua platform media sosial belakangan ini, berpengaruh terhadap peragaan busana kalangan remaja di daerah. Di Kota Magelang misalnya, siswa siswi SMK Negeri 3 Magelang turut mengadopsi fenomena itu dengan menggelar peragaan busana di ruas Jalan Piere Tendean, akhir pekan lalu.

Para peserta peraga busana mayoritas adalah siswa program keahlian tata busana SMK 3 Magelang. Dengan lincah, mereka berlenggak-lenggok memeragakan rancangan busana karya mereka sendiri.

Tak ketinggalan, sejumlah siswa program keahlian lain, turut menampilkan karya di Jalan Pierre Tendean atau kawasan Plengkung itu.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Mila Yustiana SPd MPPar mengatakan, sebagai sekolah Pariwisata yang salah satu program keahliannya adalah Tata Busana, pihaknya ingin turut ambil bagian dalam tren fashion show saat ini.

Tidak hanya terfokus pada Tata Busana, empat Program Keahlian juga berpartisipasi dalam ajang “Plengkung Fashion Week” ini.

“Plengkung Fashion Week ini bentuk show kami yang menampilkan profil dari masing-masing program keahlian. Sekaligus momentum merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Dia menuturkan, siswa Tata Busana yang konsen pada bidang fashion menampilkan hasil karya busananya. Kemudian Tata Boga menunjukkan profilnya sebagai siswa yang bertalenta di bidang boga.

Sedangkan Multimedia menampilkan diri sebagai siswa yang serius menekuni bidang multimedia. Tak ketinggalan siswa Perhotelan juga menunjukkan penampilan dirinya sebagai hotelier.

Sementara siswa Kecantikan dan Spa dengan ciri khasnya, menampilkan hasil rias berupa rias karakter yang unik.

“Mereka tak canggung show di hadapan masyarakat atau pengguna jalan yang menonton,” ujarnya.

Mila mengutarakan, pihaknya menyambut antusias dan memberikan dukungan atas gelaran yang diprakarsai siswa dan didukung para guru ini. Plengkung Fashion Week dinilai jadi ajang pengenalan profil siswa SMK 3 Magelang kepada masyarakat.

“Harapannya, Plengkung Fashion Week dapat terselenggara secara rutin, agar siswa lebih aktif, kreatif, dan gembira dalam proses belajar mengajar,” paparnya.

Salah seorang penonton, Rina, remaja asal Kota Magelang mengaku senang melihat Plengkung Fashion Week ini. Dia menyangka di Magelang juga ada aksi kreatif di jalanan ini, seperti yang ramai diperbincangkan di Jakarta.

“Jadi hiburan sendiri bagi saya menyaksikan peragaan busana dan karya-karya kreatif lainnya di sini. Selain itu, saya juga bisa lebih mengenal profil siswa SMK 3 Magelang,” ungkapnya. (wid)