PKK dan DWP Kabupaten Purworejo Kompak Bantu Korban Banjir

TERDAMPAK BANJIR. Pengurus DWP dan TP PKK Kabupaten Purworejo meninjau dan memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di sejumlah desa, kemarin.  (Foto:eko)
TERDAMPAK BANJIR. Pengurus DWP dan TP PKK Kabupaten Purworejo meninjau dan memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di sejumlah desa, kemarin.  (Foto:eko)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Bencana banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo juga menjadi perhatian TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo. Kedua organisasi tersebut kompak turun ke sejumlah desa untuk memberikan bantuan sekaligus dukungan moral kepada para korban banjir, Kamis (17/3).

Kunjungan dipimpin Ketua PKK Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE, Ketua DWP Dra Erna Setyowati Said Romadhon, didampingi Yuli Sutrisno dan Retno Karsiyadi. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo Ssos MSi, juga turut dalam rombongan.

Bantuan sembako diserahkan di dapur umum wilayah Kecamatan Butuh yang dipusatkan di Balai Desa Butuh. Selanjutnya bantuan sejumlah uang diserahkan di Desa Krandegan Kecamatan Bayan.

Fatimah menyebut, bantuan yang diberikan merupakan hasil kerja sama PKK dengan DWP dan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo. Harapannya dapat meringankan korban banjir, terutama terkait persiapan masakan di dapur umum, supaya pasokan makanan untuk warga yang terdampak banjir dapat tercukupi.

“Jangan sampai ada yang kelaparan, maka harus dipantau bahwa pasokan makanan terdistribusi dengan baik,” tuturnya.

Erna Said menambahkan, warga perlu waspada pascabencana mengingat adanya ancaman penyakit seperti gatal-gatal, diare, demam, dan pusing. Karenai tu, sangat dibutuhkan ketersediaan obat-obatan untuk memberikan jaminan kesehatan.

“Kita membantu memenuhi kebutuhan warga, supaya warga tidak merasa sendirian dalam menghadapi banjir ini, tapi kita hadir sebagai bentuk suport untuk warga agar dapat segera dapat beraktivitas kembali,” harapnya.

Yuli Sutrisno selaku Ketua Bidang Sosial Budaya DWP menyebut bahwa selain memberikan bantuan, pihaknya juga memberikan dukungan moral kepada warga terdampak banjir.

“Kita juga sekaligus melihat kondisi banjir yang masih melanda disalah satu wilayah Butuh yakni Desa Klepu yang banjirnya masih cukup tinggi. Semoga bisa segera surut. Bantuan dari DWP ini semoga bermanfaat untuk warga Karendegan dan dapur umum Butuh,” ujarnya. (top)