Pisang dan Mangga Primadona Ekspor Buah Indonesia

Pisang dan Mangga Primadona Ekspor Buah Indonesia
Pisang dan Mangga Primadona Ekspor Buah Indonesia

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, Pisang dan Mangga merupakan jenis buah-buahan Indonesia yang unggul dalam bidang ekspor ke sejumlah negara di dunia.

Sejumlah negara tujuan utama ekspor produk buah-buahan Indonesia, yakni Malaysia, Hong Kong, China, Arab Saudi, dan Pakistan.

“Pisang, manggis, mangga dan beberapa buah lain adalah jenis buah-buahan yang unggul dalam bidang ekspor,” kata Airlangga, Rabu (11/8/2021).

Ailangga menuturkan, kinerja sektor pertanian turut berkontribusi pada perekonomian Indonesia. Ekspor holtikura mencapai 645,48 juta pada 2020, meningkat 37,75 persen dibandingkan 2019.

“Peningkatan dominiasi komiditas buah-buahan yang mencapai 389,9 juta, naik sekitar 30,31 persen,” ujarnya.

Menurut Airlangga, pertanian buah merupakan sektor terbesar kedua setelah industri pengolahan. Pasalnya, sektor pertanian buah tumbuh konsisten.

“Kalau kita lihat sektor pertanian pada 2020 maupun di kuartal kedua 2021 pertanian ini tumbuh 0,35 hingga 0,3,8 persen karena musim panen masuk di kuartal pertama dan sempat berkurang,” terangnya

Airlangga menilai, subsektor pertanian hortikultura berpotensi terus tumbuh. Pemerintah pun akan mendukung para petani sektor ini untuk meningkatkan produksinya, terutama produk kualitas ekspor.

“Dengan demikian, perekonomian akan terus meningkat dan juga terjadi apa yang diharapkan Bapak Presiden, korporatisasi hortikultura di mana petani menikmati bukan saja on farm, tetapi juga dilibatkan dalam kegiatan off farm,” pungkasnya. (der/fin)

Artikel Menarik Lainnya :  Kemenaker Jalankan Program Kehilangan Pekerjaan Mulai 2022