PGMI FAI UM Magelang Sabet Akreditasi A

akreditasi
PENILAIAN. Prodi PGMI, FAI UM Magelang sempat mendapat kunjungan assesment lapangan akreditasi dari BAN-PT, sebelum mendapatkan akreditasi A.

MAGELANG SELATAN – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang berhasil meraih akreditasi ”A” tahun 2019. Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) telah melegalkannya berdasarkan surat keputusan No 2535 tahun 2019 pada 23 Juli lalu.

”Kami sangat bersyukur atas capaian ini. Tentunya bukan kerja sendiri, melainkan peran semua dosen, karyawan, mahasiswa, serta stakeholder yang membantu pelaksanaan akreditasi ini sehingga kita meraih hal yang terbaik,” kata Rektor UM Magelang, Ir Eko Muh Widodo, kepada wartawan, Kamis (25/7).

Dengan tambahan prodi yang telah meraih predikat akreditasi A tersebut, kini UM Magelang setidaknya punya 4 prodi terakreditasi A. Kemudian 14 prodi terakreditasi B, dan 3 prodi masih menunggu visitasi akreditasi.

”Total kita memiliki 21 prodi. Empat prodi A, 14 prodi akreditasi B, dan tiga lagi masih menunggu hasilnya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, dengan diraihnya akreditasi ini maka UM Magelang menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) pertama dalam penyelenggaraan PGMI di Indonesia, yang mendapatkan akreditasi ”A” atau sangat unggul ini.

”Selain itu, perolehan akreditasi A juga membuktikan jika UM Magelang semakin menunjukkan kualitasnya,” tandasnya.

Sebelumnya, Prodi PGMI mendapat kunjungan assesment lapangan akreditasi dari BAN-PT selama dua hari, Jumat (12/7) hingga Sabtu (13/7) lalu dengan dua assesor yakni Dr Udik Budi Wibowo MPd dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Dr Ernawulan Syaodih MPd dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Udik menjelaskan jika penilaian akreditasi diarahkan pada capaian kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi antara lain pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kemudian juga peningkatan daya saing, dan penjaminan mutu.

Artikel Menarik Lainnya :  Inilah yang Dilakukan Muh Harjadi, Politisi Partai Golkar saat Reses di Kampung Trunan

Sementara itu, Ketua Prodi PGMI, UM Magelang, Ahwy Oktradiksa SPdI MPdI berharap agar peningkatan akreditasi prodi PGMI dapat memacu para civitas akademika. Terlebih bagi UM Magelang untuk dapat meningkatkan mutu pendidikannya dan mencetak lulusan yang lebih berkualitas. (wid)