Petugas PCR Bandara Soetta Positif Omicron, Menular Ke 14 Rekan Indekosnya

foto: Fasilitas tes PCR di Bandara Soekarno Hatta (Angkasa Pura II)
foto: Fasilitas tes PCR di Bandara Soekarno Hatta (Angkasa Pura II)

MAGELANGEKSPRES.COM, JAKARTA – Dua petugas administrasi rapid test dan PCR di terminal 3 bandara Soekarno-Hatta (Soetta), terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Dansatgas Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiyono mengatakan kedua petugas berasal dari i-Lab dan Farmalab/ yang sehari-hari bekerja di bagian admin, sehingga sering kontak dengan penumpang.

“Seperti yang dapat info yang ada itu kontak dengan penumpang, dia bagian admin, kontak sama penumpang. Sementara yang kita pantau selama ini, iLab ada satu orang dan Farmalab ada satu orang,” ujar Agus, dikutip Selasa, 4 Januari 2022.

Setelah dilakukan tracing, petugas admin dari Farmalab tersebut ternyata tinggal bersama belasan rekan kerjanya di indekos Ruko Imperial, Kalideres, Jakarta Barat. Alhasil, 14 orang lainnya dikabarkan terpapar Covid-19.

“Dari penelusuran/ salah satu pasien juga menulari belasan rekan kerjanya yang tinggal bareng di indekos Ruko Imperial Kalideres,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas menyatakan telah menerima informasi terkait kasus transmisi lokal varian Omicron.

Jokowi menyampaikan, prosedur mitigasi kasus varian omicron harus benar-benar disiapkan.

Jokowi juga mengingatkan kembali langkah-langkah yang harus dilakukan. Utamanya mengenai persiapan fasilitas-fasilitas kesehatan yang dimiliki. Baik di pusat maupun daerah.

“Karena tadi pagi saya mendapat informasi bahwa sudah terjadi transmisi lokal kasus Omicron sehingga prosedur mitigasi harus betul-betul kita siapkan,” jelas Jokowi, Senin, 3 Desember 2021.

Jokowi mengingatkan jika saat ini telah memasuki tahun baru. Dan pada Januari 2022, seluruh sektor telah bergerak dengan aktivitasnya masing-masing.

“Utamanya yang besar di sektor pendidikan dan perkantoran. Oleh sebab itu saya minta betul-betul utamanya yang terkait Omicron ini adalah karantina bagi yang datang dari luar negeri,” tegasnya. (git/fin)

Artikel Menarik Lainnya :  Dahlan Sebut Tak Ada Satu pun Presiden Indonesia yang Seberani Jokowi. Ini Alasannya...