Petani Tambak Udang di Pesisir Selatan Purworejo Bisa Bernafas Lega, Kini Area Tambaknya Terima Pasokan Listrik dari PLN

SERAHKAN. Wabup Yuli Hastuti secara simbolis menerima pasokan listrik untuk petani tambak udang Ketawangrejo. (foto : lukman khakim/magelang ekspres)
SERAHKAN. Wabup Yuli Hastuti secara simbolis menerima pasokan listrik untuk petani tambak udang Ketawangrejo. (foto : lukman khakim/magelang ekspres)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Petani tambak di pesisir selatan Purworejo mulai dapat bernafas lega usai kawasan tersebut dapat menerima pasokan listrik dari PLN Kutoarjo.

Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya peresmian dan penyalaan listrik perdana, Jumat (28/1) oleh Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH dan disaksikan secara langsung oleh Manager PLN UP3 Magelang Yunarsih, Manager PLN UPP Kutoarjo Suryanta, Camat Grabag Yudhi Agung Prihatno SSTP MM, Kepala Desa Ketawangrejo Supriyanto dan para pelaku usaha tambak udang urut sewu.

Dalam sambutannya, Wabup Yuli Hastuti mengungkapkan terima kasih kepada jajaran PLN Magelang dan Kutoarjo yang telah mewujudkan mimpi dari para petambak udang yang telah lama diupayakan. Sehingga dengan tersambungnya aliran listrik di area tambak udang ini, akan mampu mempermudah usaha.

Diungkapkan bahwa sebelumnya para petambak udang menggunakan diesel untuk operasional sehari-hari dan tidak jarang kesulitan untuk mendapatkan bahan bakar solar. Di samping itu, terkadang untuk membeli harus menempuh perjalanan hingga Purwodadi.

“Secara khusus saya titip ucapan maturnuwun kepada GM PLN Jawa Tengah Pak Irwansyah yang telah memberikan kemudahan serta proses yang cepat. Terhitung 4 bulan setelah beliau saya ajak ke sini waktu itu, dan kini sudah terealisasi. Ke depan saya kembali meminta agar aliran listrik dapat dinikmati para pelaku industri perikanan yang belum dapat aliran listrik khususnya di urut sewu ini,” pintanya.

Sementara itu Manager PLN UP3 Magelang Yunarsih menceritakan, 4 bulan yang lalu pada saat peresmian Electrifying Agriculture di Desa Depokrejo, Wakil Bupati meminta agar Pak Irwansyah berkunjung ke Ketawangrejo dan mencarikan solusi bagaimana para petambak udang dapat menerima aliran listrik. “Kami juga mendapatkan info jika Ibu Wabup secara konsisten mengawal setiap proses pemasangan jaringan listrik disini, ” ungkapnya.

Dijelaskan, saat ini telah terpasang aliran listrik bagi 43 pelanggan dengan total daya 596.500 VA. Pihaknya berharap dengan telah terpasangnya jaringan listrik, dapat membuat area tambak udang ini menjadi area Green Energy yang lebih ramah lingkungan,  tidak lagi menggunakan diesel dengan bahan bakar solar lagi.

“Dan kami akan terus berkomitmen untuk melanjutkan program ini agar dapat merata,” ungkapnya. (luk)