Peserta Lelang Jabatan di Purworejo Wajib Bikin Karya Tulis, Inilah Peserta yang Saling Bersaing….

Kantor BKD Kabupaten Purworejo
Kantor BKD Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Puluhan ASN di Kabupaten Purworejo yang mengikuti lelang jabatan sudah memasuki tahap pembuatan karya tulis. Kepala BKD Kabupaten Purworejo, drg Nancy Megawati, MM mengungkapkan, awalnya ada 50 pendaftar yang lolos seleksi administrasi. Namun dalam perkembangannya, satu peserta mengundurkan diri.

Para pelamar tersebut, mendaftar untuk 63 jabatan, karena peserta banyak yang melamar lebih dari satu jabatan. Mereka ini, 4 pelamar dari Kabag, 20 dari Kabid, 12 camat, dan sisanya sekdin, sekcam, dan jabatan lainnya.

“Tahapan-tahapan yang dilalui, diantaranya, penelusuran rekam jejak, pengumuman hasil penilaian, penulisan karya tulis, paparan dan wawancara, dan pengumuman hasil seleksi terbuka, serta pengumpulan surat keterangan sehat jasmani dan rohani,” ujar Nancy, Jumat (5/11).

Assesmen dilakukan di UNS Solo pada tanggal 20-22 Oktober 2021, yang dilanjutkan dengan penulisan karya ilmiah di laboratorium Kominfo secara digital. Dan pada tanggal 1 – 6 Nopember 2021 ini, paparan apa yang kemarin ditulis pada saat pembuatan karya tulis.

“Gagasannya apa, ide-idenya apa, dan wawancara pansel,” ujar Nancy.

Tahapan selanjutnya, ungkap Nancy, perekapan nilai-nilai semua, baru melakukan penilaian tiga besar, yang disampaikan kepada Bupati. Masing-masing jabatan yang dilelang diambil tiga besar.

Dari tiga besar itu, setelah diserahkan kepada Bupati, sudah menjadi kewenangannya untuk memilih atau menentukan, siapa yang menduduki jabatan yang dilamar.

“Dijadwalkan bulan ini sudah selesai semua tahapannya, sehingga awal Desember 2021 ini bisa dilantik,” pungkas Nancy.

Seperti diketahui Pemkab Purworejo melelang 8 jabatan Kepala Dinas, yakni, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker).

Juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades), Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud), Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosdalduk KB PPPA), serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar). (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  KASN Cium Dugaan Pelanggaran Mutasi Pejabat. Hari Ini Komisi I Gelar Rapat Dengar Pendapat