PesanSayuran.com Layani Kebutuan Sayuran Diantar Sampai Rumah

BELANJA DI RUMAH. Warga memanfaatkan aplikasi PesanSayuran.com, dengan aplikasi itu warga tak perlu lagi datang ke pasar, untuk membeli sayuran, kebutuhan pokok, dan daging. (foto : IST/magelang ekspres)
BELANJA DI RUMAH. Warga memanfaatkan aplikasi PesanSayuran.com, dengan aplikasi itu warga tak perlu lagi datang ke pasar, untuk membeli sayuran, kebutuhan pokok, dan daging. (foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – PesanSayuran.com menjadi alternatif layanan pembelian masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok di masa pandemi. Untuk mendapatkan sayuran berbagai jenis, masyarakat tinggal memanfaatkan gawainya dengan mengakses PesanSayuran.com.

Salah satu pendiri PesanSayuran.com, Zakiy Firosy mengatakan, fitur yang tersedia aplikasi tersebut antara lain bisa memilih sayur, buah, atau daging yang diinginkan. Kemudian, bertransaksi via WhatsApp.

”Konsumen tinggal duduk manis di rumah, karena kurir akan tiba mengantarkan pesanan,” kata Zakiy, Senin (2/8).

Startup baru ini didirikan pada bulan Juni 2021 oleh sekelompok anak muda, yakni Zahid Fauzi Rahmawan (26), Zakiy Firosy As Syahid (26), Khairul Marzukin (28), dan Lambang Prayogi (23).

Dalam usaha rintisan tersebut, mereka punya peran masing-masing. Zahid mengurus pemasaran, Zakiy pada operasional, Marzukin pada sistem informatika, dan Lambang mengawasi kualitas dan kuantitas barang dagangan. Saat ini mereka hanya menyanggupi pesanan di Kota Magelang dan sekitarnya.

Zakiy menyebut, PesanSayuran.com memiliki target pasar pengguna facebook dan instagram dengan rentang usia 25-50 tahun. Dalam sehari, mereka sanggup menerima 20-30 pesanan. Tersedia tiga kurir yang bisa mengantarkan pesanan masyarakat.

”Setiap kurir mendapat jatah 10 titik pengantaran. Rata-rata ongkos kirim yang dikenakan Rp10 ribu sampai Rp15 ribu, tergantung jarak lokasi si pelanggan. Namun, dengan pembelanjaan minimal Rp47 ribu, ongkos kirim digratiskan,” ujarnya.

Dia mengatakan, pembayaran bisa melalui transfer via bank atau bayar tunai di tempat. Menurutnya, sayuran yang dikirim ini masih dalam kondisi segar.

”Sayur diambil di Pasar Gotong Royong Magelang pukul 02.00 WIB dini hari. Selesai pengemasan waktu subuh. Pukul 06.00 kurir berangkat, selesai (mengantar) pukul 09.00 atau 10.00, jadi masih segar sekali,” jelas Zakiy.

Artikel Menarik Lainnya :  Sebelum Buka, Tempat Wisata Harus Jalani Uji Coba

Ia menilai, peluncuran PesanSayuran.com bisa menjadi solusi masyarakat berbelanja kebutuhan pokok hanya dari rumah. Terlebih Kota Magelang sendiri masih menerapkan PPKM level 4, sehingga mobilitas warga harus dibatasi.

”Langkah ini juga sebagai upaya dukungan terhadap pemerintah untuk mengurangi mobilitas warga. Dengan belanja dari rumah, warga tidak perlu cape-cape datang ke pasar,” tuturnya.

PesanSayuran.com juga baru saja menggelar baktis sosial. Pasien isolasi mandiri atau isoman berhak mendapatkan tambahan obat, vitamin C, dan beras 3 kilogram di setiap pengantaran.

Obat ini berasal dari PesanSayuran.com, sedangkan pasokan beras berasal dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), organisasi nirlaba yang fokus pada kerja-kerja kemanusiaan.

Saat ini, Zakiy dan kawan-kawan tengah menyiapkan PesanSayuran.com menjangkau wilayah Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Pihaknya berencana memasarkan produk petani dari wilayah Pakis, Kabupaten Magelang.

”Dengan membeli langsung ke petani, maka sedikit banyak kita bisa membantu pendapatan mereka. Tidak cuma itu saja, karena harga sayuran dari petani langsung pasti jauh lebih terjangkau,” pungkasnya. (wid)