Perpustakaan Kota Magelang Optimis Raih Standar Nasional

VERIFIKASI. Perpustakaan Kota Magelang mengikuti verifikasi akreditasi virtual yang dipandu tim asessor dari Perpustakaan Nasional, 
VERIFIKASI. Perpustakaan Kota Magelang mengikuti verifikasi akreditasi virtual yang dipandu tim asessor dari Perpustakaan Nasional, 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG  – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) mulai mempersiapkan keberadaan Perpusatakaan Kota Magelang agar sejajar dengan kelas nasional. Upaya yang ditempun antara lain, dengan meningkatkan kualitas layanan, termasuk verifikasi akreditasi yang dilakukan secara virtual.

”Perpustakaan Kota Magelang mengikuti verifikasi akreditasi virtual yang dipandu tim asessor dari Perpustakaan Nasional. Kita sebelumnya sudah kirim blangko berisi data-data ke Perpustakaan Nasional,” kata Keapala Disperpusip Kota Magelang, Isa Ashari, Jumat (28/8).

Data yang dikirim, kata Isa, mencakup semua aspek. Seperti seluruh koleksi buku, sarana-prasarana, struktur organisasi, jumlah pengunjung, literasi dan hubungan antar-perpustakaan lain. Setelah diperiksa, pihaknya diberikan waktu untuk memaksimalkan data-data yang ada, dan dapat dikumpulkan dalam jangka waktu 5 hari kedepan.

”Ada rekomendasi yang harus ditinjak lanjuti, video profil, video pelaksanaan, administrasi dan kebijakan ada sedikit kesalahan untuk kita perbaiki, mereka bersifat pembinaan, sehingga membina untuk memperbaiki kita,” tambahnya

Isa menurutkan, proses ini merupakan upaya untuk meningkatkan budaya literasi bagi generasi muda. Menurut dia, membaca tidak hanya buku saja, namun pengertiannya menjadi sangat umum bila membaca kondisi, membaca peluang, membaca pikiran termasuk membaca kondisi Covid-19.

”Hal ini supaya kita dapat menaati protokol kesehatan. Kita mengharapkan sekali masyarakat harus gemar membaca. Apalagi kalau tidak mau mengubah diri akan lebih sulit untuk menjadi lebih baik. Sebenarnya apapun yang kita lakukan akan kembali untuk diri kita,” kata Isa.

Setelah akreditasi ini selesai, Disperpusip akan melaju untuk mempersiapkan peningkatan mutu melalui ISO. Di tengah pandemi ini, Perpustakaan Kota Magelang tetap membuka dengan pembatasan kunjungan dan penerapan protokol kesehatan ketat. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  RSU Syubbanul Wathon Magelang Buka Layanan Hemodialisa