Peringati Maulid Nabi di Kota Magelang, Momentum Wujudkan Harmonisasi Masyarakat

Maulid Nabi
PENGAJIAN. Ratusan masyarakat berasal dari berbagai daerah berkumpul di Masjid Agung Kauman Kota Magelang untuk mengikuti pengajian akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum baik untuk menjalin komunikasi dan kerja sama yang harmonis di antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat. Hal ini akan menjamin kelancaran jalannya pelaksanaan segala program pembangunan yang sesuai dengan visi Kota Magelang.

Hal itu dikatakan Walikota Magelang, Sigit Widyonindito saat membuka pengajian akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Kauman, Rabu (27/11). Orang nomor satu di Kota Jasa itu berujar, pengajian juga sebagai salah satu syiar Islam, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Melalui peringatan tersebut diharapkan umat Islam dapat mengambil hikmah dari momentum peringatan hari lahirnya seorang revolusioner dunia, pembawa risalah kebenaran universal bagi seluruh umat manusia, risalah Islam rahmatan lil ‘alamin.

Baca Juga
PPDI Tak Terima Siltap Staf Dihapus, Geruduk DPRD Tuntut Revisi Perbup

“Oleh karena itu, kita sebagai umat islam, diharapkan dapat mengetahui, menghayati, dan meneladani beliau dalam setiap aspek kehidupan, baik ketika berpikir, bertutur kata, dan berperilaku,” paparnya.

Sigit juga mengajak masyarakat menjaga dan bertanggung jawab terhadap kebersihan di lingkungan tempat tinggal. Terlebih lagi, Kota Magelang sangat konsen terhadap branding Kota Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga.

Pada kesempatan itu pula, ia menyampaikan bahwa di tahun 2020 Pemkot Magelang akan menggelar kurang lebih 40 event besar di dalam rangkaian tagline Kota Magelang “Moncer Serius” (modern, cerdas, sejahtera, dan religius). Hal ini menurut Sigit, akan menyedot banyak perhatian tamu dari berbagai wilayah untuk berkunjung.

“Untuk itulah, saya mengajak marilah kita bersama mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran tamu secara ramah, dengan suasana lingkungan yang bersih, sejuk, kondusif, aman, dan nyaman,” pesannya.

Adapun dalam pengajian itu, hadir sebagai penceramah KH Sigit Nur Sahid. Hadir pula Wali Walikota Magelang Windarti Agustina, Sekda Joko Budiyono, sejumlah pejabat dan forpimda Kota Magelang serta ribuan jamaah dari berbagai daerah.

Baca juga
Diduga Ada Kecurangan, Tiga Kandidat di Madyocondoro, Magelang Tolak Hasil Pilkades

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Magelang, Hadi Sutopo memaparkan, pengajian peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan agenda rutin.

“Kegiatan ini sebagai wujud syiar Islam di Kota Magelang untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT yang merupakan salah satu program kerja Pemkot Magelang,” ujarnya.

Kemudian, sebagai wahana ilmu sekaligus wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dalam upaya untuk meneladani sifat-sifat Nabi guna implementasi di dalam kehidupan. (wid)