Peringati HUT IBI, Bidan Kota Magelang Berbagi Sembako

BERBAGI. Bidan-bidan yang tergabung dalam IBI membagikan paket sembako kepada warga di 17 kelurahan di Kota Magelang. (Photo ist)
BERBAGI. Bidan-bidan yang tergabung dalam IBI membagikan paket sembako kepada warga di 17 kelurahan di Kota Magelang. (Photo ist)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Memperingati HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-70, Pengurus Cabang (PC) IBI Kota Magelang menggelar bakti sosial, membagikan sebanyak 129 paket sembako kepada 17 kelurahan yang ada di Kota Magelang.

Ketua PC IBI Kota Magelang Drayke Rosyana STr Keb mengatakan, kegiatan tersebut sangat bagus untuk melatih rasa empati kepada lingkungan sekitar dan agar mendapatkan ketenangan hati.

“Harapannya semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” katanya.

Kegiatan bidan Kota Magelang ini dilaksanakan selama 5 hari mulai 26-30 April 2021, menyesuaikan kegiatan yang ada di warga.

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) adalah organisasi profesi satu-satunya wadah bidan di Indonesia, berdiri pada tanggal 24 Juni 1951 di Jakarta. Pada tahun yang sama, IBI menjadi anggota Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan lima tahun kemudian (tahun 1956) menjadi anggota International Confederation of Midwives (ICM). Memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku tentang Organisasi Kemasyarakatan di Indonesia, Tahun 1954 terdaftar dalam lembaran Negara No. J.A.5/92/7 Tahun 1954 tanggal 15 Oktober 1954 di Kementerian Kehakiman RI dan diperbaharui tahun 2015 serta disahkan oleh Kemenkumham No. AHU- 112.AH.01.08 Tahun 2015.

Pada 24 Juni 2021 IBI genap berusia 70 tahun, usia yang sangat matang dengan banyak pengalaman yang sudah dilalui sebagai organisasi profesi. Pengalaman adalah kekayaan untuk menyongsong masa depan yang penuh tantangan.

Sesuai dengan komitmen bidan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia terutama dalam pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi perempuan, maka tema peringatan HUT IBI ke-70 tahun 2021 adalah “Optimalisasi Peran Bidan pada Pelayanan KIA-KB dan Kesehatan Reproduksi dalam mendukung Penguatan Pelayanan Primer”

Salah satu rangkaian kegiatan HUT IBI yang ke 70 di kota Magelang diadakan kegiatan Berbagi yaitu kegiatan dengan menghimpun donator dari anggota IBI Kota Magelang untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkannya. Sumbangan yang terhimpun ada 129 paket sembako. (rls/adv)

Artikel Menarik Lainnya :  Sebelum Buka, Tempat Wisata Harus Jalani Uji Coba