Peringati Harlah ke-87, GP Ansor Kota Magelang Bagikan Takjil

HARLAH. GP Ansor Kota Magelang memperingati hari lahir dengan aksi sosial bagi takjil dan tausiyah di serambi Masjid Agung Kauman, 

MAGELANGEKSPRES.MAGELANG– Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Magelang membagikan ratusan takjil di kawasan Alun-alun hingga Jalan Pemuda, Kota Magelang, Jumat (23/4). Aksi sosial ini juga menjadi rangkaian peringatan hari lahir (harlah) ke-87 GP Ansor.

Ketua GP Ansor Kota Magelang, Anas Muaji mengatakan, dalam aksi sosial itu sekitar 500 takjil dan masker dibagikan kepada warga yang melintas. Harapannya, selain bisa khusuk menjalankan ibadah puasa, warga Kota Magelang juga tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Bagi-bagi takjil ini menjadi permulaan dari beberapa agenda kami ke depan selama bulan Ramadan. Momentum ini karena kami juga tengah memperingati Harlah ke-87 GP Ansor,” katanya.

Ia menjelaskan, GP Ansor di Kota Magelang sudah mengalami berbagai masa. Sebenarnya, GP Ansor Kota Magelang ada sejak 20 tahun silam. Namun, selama belasan tahun vakum, dan baru sekarang ini mulai diaktifkan kembali.

“Kita mulai dari ranting-ranting. Jadi belum ada PAC Ansor. Karena kita tahu bahwa untuk berkembang kita harus bangun dari tatanan terkecil dan lingkungan kecil terlebih dahulu,” ujarnya.

Selain mengadakan aksi sosial, Harlah ke-87 itu juga diperingati dengan acara seremonial yang dipusatkan di Masjid Agung, Kauman Kota Magelang.

Abdul Salam, ketua panitia kegiatan menyebutkan, tausiyah juga digelar di serambi Masjid Agung Kauman. Hal ini sebagai bentuk eksistensi GP Ansor dan pengenalan kembali kepada masyarakat terkait organisasi keagamaan dan kemasyarakatan tersebut.

“Karena masih dalam kondisi pandemi maka kami batasi audiens hanya kalangan internal saja. Kali ini kami tidak mengundang Ansor dari daerah lain dalam rangka mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” tuturnya.

Ia berharap, melalui aksi sosial dan sederhana ini, mampu membangkitkan kembali semangat Ansor di Kota Magelang. Termasuk meraih target agar GP Ansor menjadi organisasi berbasis keagamaan di Kota Magelang yang memiliki tugas memberi manfaat kepada masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya :  Alhamdulillah, Kota Magelang Borong 5 Penghargaan Top BUMD Awards 2021

Baca Juga
Ramadan, Grand Artos Magelang Berikan Promo Makan Sepuasnya dan Paket Kamar

Sementara itu, Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor Ulil Archam (Gus Ulil) yang hadir pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada GP Ansor Kota Magelang, yang membangkitkan kembali organisasi ini. Menurutnya, organisasi bisa berkembang dengan baik, apabila anggotanya sukses melakukan kaderisasi dan regenerasi.

“Tidak apa-apa walaupun PAC belum terbentuk. Justru positif, karena dari ranting ini kita terbentuk, membuktikan jika kaderisasi dan regenerasi berjalan sesuai harapan,” katanya.

Menurut Gus Ulil, tugas GP Ansor sangat berat ke depan. Terlebih, saat ini, kondisi perekonomian global, nasional, dan daerah sedang surut akibat pandemi Covid-19. Isu kesehatan, lanjutnya, menjadi arus utama untuk segera ditangani.

“Sebagai GP Ansor maka kita harus terlibat. Saya cukup bangga mendengar, info GP Ansor di beberapa daerah berlomba-lomba melakukan aksi sosial, bagi masker, sembako, bahan pangan, dan lain sebagainya. Itu bukti bahwa GP Ansor masih berada di jalur yang benar,” tandasnya.

Menurutnya, perlu keterlibatan semua pihak dalam menghadapi Covid-19 yang tak kunjung berakhir ini. Tak terkecuali GP Ansor di Kota Magelang.

“Tugas kita adalah penanganan dan pendampingan, juga mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi ini,” pungkasnya. (wid)