Peringati Hari Sepeda Dunia, Hari Ini Pegawai Pemkot Magelang Gowes ke Kantor

BERSEPEDA. Karyawan Pemkot Magelang saat menjajal jalur sepeda yang telah dibangun Dinas Perhubungan setempat, belum lama ini.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)
BERSEPEDA. Karyawan Pemkot Magelang saat menjajal jalur sepeda yang telah dibangun Dinas Perhubungan setempat, belum lama ini.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz menginstruksikan seluruh pegawai Pemkot Magelang untuk bersepeda menuju tempat kerja atau bike to work (B2W) tepat pada Hari Sepeda Dunia (world bicycle day), Kamis (3/6) hari ini. Instruksi ini telah dituangkan dalam surat edaran (SE) bernomor 426.13/162/133/2021 yang ditandatangani Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono tertanggal 1 Juni 2021.

Selain kepada karyawan Pemkot Magelang, kegiatan ini juga ditujukan kepada karyawan BUMD dan seluruh sekolah di Kota Magelang.

Sekda Kota Magelang Joko Budiyono menjelaskan, adanya SE ini guna menggiatkan dan memasyarakatkan bersepeda, khususnya bagi aparatur sipil negara (ASN).

“Kebetulan bertepatan dengan peringatan Hari Sepeda Sedunia. Kami ingin turut memperingati itu dengan bersepeda dari kediaman ke kantor masing-masing,” katanya, Rabu (2/6).

Dia menjelaskan, tidak ada seremonial dalam kegiatan tersebut. Pihaknya hanya meminta pada momen itu pegawai dan karyawan Pemkot bersepeda dari rumah masing-masing. Namun, arahan ini hanya berlaku bagi mereka yang tinggal di wilayah Kota Magelang.

“Selain itu juga dalam kondisi sehat dan bisa dilakukan sendiri maupun berkelompok. Rencana Pak Walikota (dr Muchamad Nur Aziz) juga akan bersepeda dari rumah dinas di Jalan. Kami harap SE bisa dipatuhi, sehingga di momen itu kita semua bisa bersepeda,” ujarnya.

Para peserta berhak mendapatkan hadiah menarik. Syaratnya, mereka mengunggah foto saat bersepeda di spot-spot ikonik di Kota Magelang.

Adanya SE ini disambut baik para pegiat Gerakan MagelangBIKE yang juga siap memperingati Hari Sepeda Sedunia itu dengan bersepeda ke tempat kerja. Bahkan, mendapat respons positif pula dari komunitas tersebut.

“Ketua B2W Indonesia, Putut Soedaryanto sangat mengapresiasi SE B2W di Kota Magelang ini. Beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas inisiatif Pemkot untuk mengajak masyarakat luas memperingati Hari Sepeda Sedunia ini,” ungkap Siska Sri Yoga, pegiat Gerakan MagelangBIKE.

Artikel Menarik Lainnya :  Hari Pertama PTM, Siswa SMP Mutual Langsung Ujian

Yoga mengaku, seiring dengan respons positif dari B2W Indonesia ini, pihaknya juga menyambut baik edaran ini. Bahkan, pegiat di daerah lain turut merespons dengan mencoba untuk turut adaptasi di daerah masing-masing.

“Kami nilai SE ini kebijakan luar biasa, berskala lokal namun berdampak global. Kota Magelang bersama kota besar di dunia akan turut memperingati momen spesial itu. Sebuah kebijakan berdampak besar apalagai dilaksanakan secara terus menerus,” jelasnya.

Ia berharap, adanya SE ini menjadi momentum pembiasaan baru mengatasi perubahan iklim dan membangun kota yang beradab atas masalah masalah perkotaan, seperti polusi udara akibat penggunaan energi fosil kendaraan bermotor. Termasuk membangun budaya sehat bagi warganya. (wid)