Peringati Hari Pramuka dengan Donor Darah, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

DONOR DARAH. Ketua Kwarcab Kota Magelang Hamzah Kholifi dan Ketua PMI Kota Magelang Sumartono mendonorkan darahnya usai membuka acara donor darah dalam rangka hari Pramuka ke 59, 
DONOR DARAH. Ketua Kwarcab Kota Magelang Hamzah Kholifi dan Ketua PMI Kota Magelang Sumartono mendonorkan darahnya usai membuka acara donor darah dalam rangka hari Pramuka ke 59, 

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG -Memeriahkan hari Pramuka ke-59, Kwartir Cabang Kota Magelang menggelar kegiatan donor darah selama 2 hari, Rabu dan Kamis (12-13/8) di Kantor UDD Kota Magelang. Ketua Kwarcab Kota Magelang, Hamzah Kholifi menuturkan donor darah yang diselenggarakan selama 2 hari ini diikuti pembina/guru SMP/MTs hari pertama (Rabu  dan hari kedua (Kamis)  diikuti pembina,guru, siswa SMA dan SMK serta pandega.”Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian dalam memeriahkan hari Pramuka ke-59 dan juga sebagai bakti sosial Pramuka untuk membantu sesama,”katanya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, aksi sosial tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan. Diantaranya wajib menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer dan pengukuran suhu. Calon pendonor wajib mengisi formulir pencegahan covid-19 terlebih dahulu, baru setelah lolos diizinkan untuk donor darah.

“Ya, asal memenuhi syarat untuk mendonor usia 17 tahun keatas, beratnya cukup, boleh (mendoror). Ini protokolnya semua jalan,” ujar Ketua Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Magelang, dr Bramantyo Angga Kusuma, Rabu (12/8).

Dijelaskan, PMI sempat merasakan penurunan pendonor pada bulan Maret hingga April. Namun, mulai bulan Mei hingga Agustus grafik pendonor sudah normal. “Grafik pendonor sudah normal,” tandasnya.

Sekretaris DKC Kwarcab Kota Magelang, Tya Intan Pramesti mengatakan, donor darah in tetap laksanakan di tengah pandemi karena juga untuk menyelamatkan nyawa orang banyak. “Sehingga menarik pembina, anggota penegak atau pandega untuk ikut donor darah,” ucap Tya.

Baca Juga
Di Kompleks Candi Borobudur akan Dibangun Area Concourse dan Plaza

Saat ditemui, Tya menjelaskan tidak ada sosialiasi dengan mengumpulkan massa. Hal tersebut dipertimbangkan lantaran sedang dalam masa pandemi. Walaupun seperti itu, terdapat cara lain untuk menyampaikan kegiatan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :  Cantiknya Wajah Kota Magelang di Malam Hari...

“Sosialiasi kita lakukan melalui sosial media instagram Kwartir Cabang Kota Magelang dan melalui pamflet yang kita sebar ke Pembina Pramuka berupa softfile,” tutur wanita berseragam Pramuka ini.

Kemarin terlihat beberapa pendonor yang mengantre untuk turut mengikuti kegiatan tersebut. Salah satunya staf tata usaha SMPN 8 Magelang, Titi Yuniarti, yang mengaku bukan pendonor tetap PMI, namun saat ada acara ini ikut memeriahkan.

“Saya bukan pendonor tetap. Tapi kalau ada waktu senggang dan ada kegiatan semacam ini saya mendonorkan,” tutur Titi.

Donor darah ini bukan pertama kalinya dilakukan.  Ia pernah melakukan donor darah saat HUT SMPN 8, event dari dinas bahkan menyempatkan datang ke PMI. “Saya berharap kedepanya, acara-acara atau event di Magelang selalu mengadakan kegiatan donor darah,” harapnya.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono menyampaikan banyak terimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Kota Magelang. Sumartono, kegiatan ini dapat terlaksana kembali di tahun mendatang dan terus membantu sesama dengan berdonor darah.”Besok tanggal 15 Agustus, PMI juga akan melaksanakan Semprot Merdeka dalam rangka pencegahan Covid 19 agar imunitas masyarakat naik. Kami berharap Pramuka bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut,” ujarnya. (hen/pkl3/pkl5)