Peringati Hari Pahlawan, SMK Satria Magelang Ziarah ke Makam Pahlawan

Para siswa SMK Satria Magelang sedang melakukan tabur bunga di makam pahlawan Giri Dharma Loyo di Kota Magelang, Rabu (10/11)
TABUR BUNGA. Para siswa SMK Satria Magelang sedang melakukan tabur bunga di makam pahlawan Giri Dharma Loyo di Kota Magelang, Rabu (10/11)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Bertepatan 10 November 2021, seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Tak terkecuali bagi SMK Satria Magelang, yang memperingati momen bersejarah tersebut dengan cara lahiriyah dan batiniyah.

Secara batiniyah tepat pada pukul 07.00 WIB, seluruh siswa sekolah tersebut berkumpul di lapangan untuk menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan dalam suasana mendung.

Kepala SMK Satria Magelang Zaenaal Abidin,S.T bertindak sebagai pembina upacara, dalam amanatnya, berharap bisa meneladani semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam membela dan mempertahankan Tanah Air Indonesia dari serangan penjajah. ‘’Kita harus dan selalu semangat, perjuangan para pahlawan bangsa yang akan membawa prestasi baik di tingkat internal sekolah maupun di luar sekolah,” ujarnya.

Kemudian dilanjutkan dengan istighosah doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Haryono, S.Hum selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMK Satria Magelang, untuk mendoakan para Pahlawan yang telah meninggal dunia. Acara tersebut berjalan dengan hikmat diikuti siswa-siswi beserta dewan guru dan karyawan.

Usai upacara, siswa-siswa sekolah tersebut berjalan kaki untuk a untuk berziarah ke makam Pahlawan Giri Dharma Loyo di Kota Magelang. Sebelum masuk ke lokasi makam pahlawan, para siswa berkumpul untuk memberikan penghormatan pada para pahlawan, kemudian baru berdoa dan melakukan tabur bunga. “Tujuan kita mengajak para siswa berziarah ke makam pahlawan supaya mereka tidak melupakan sejarah perjuangan bangsa. Dan yang lebih penting lagi, siswa bisa menjadi pahlawan untuk lingkungan sekitar dan bermanfaat bagi orang lain,” kata Koordinator Waka Kesiswaan Haryono, S.Hum. (rls/adv)

Artikel Menarik Lainnya :  Dari Hobi Menulis, Siswi SMP di Kota Magelang Ini Berhasil Meraih Medali Emas Lomba Cerpen Tingkat Nasional