Peringatan Isra Miraj di Pemkot Magelang, Gus Yusuf : Jadi Pemimpin Harus Konsisten

TAUSIYAH. Peringatan hari besar Islam, Isra Miraj berlangsung sederhana dan mematuhi protokol kesehatan di Masjid Baitul Mamur kompleks Kantor Walikota Magelang,

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pengasuh pondok pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, KH Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf berharap, Pemkot Magelang untuk meneladani sikap Nabi Muhammad SAW dengan konsisten.

“Rasulullah SAW adalah teladan seorang pemimpin yang senantiasa mengutamakan kepentingan umat. Jadi pemimpin itu konsisten, seperti ketika Rasulullah menerima perintah Allah tentang salat 5 waktu,” kata Gus Yusuf saat memberikan ceramah di Masjid Baitul Mamur kompleks Kantor Walikota Magelang, Rabu (17/3).

Selain itu, dikatakan Gus Yusuf bahwa Muhammad SAW juga senantiasa menjadikan keputusan dalam musyawarah, untuk dilaksanakan secara bersama-sama. Ia berharap, para pemimpin tak alergi kritik. Justru saran dan masukan dari rakyat, dijadikan pelecut semangat untuk berbuat kebaikan.

“Pemimpin yang baik/benar maka orang-orang di sekitarnya juga akan baik. Di sisi lain, rakyat semestinya juga mengingatkan pemimpin yang salah atau lupa, bukan justru menjerumuskan,” jelasnya.

Peringatan hari besar Isra Miraj yang diselenggarakan Pemkot Magelang ini memang sangat sederhana dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Jamaah yang hadir merupakan ASN dan karyawan Pemkot Magelang.

Baca juga
4.100 Lansia di Kota Magelang Sudah Masuk Data Penerima Vaksin

Kegiatan diawali dengan salat duhur berjamaah dan penyampaian tausiyah oleh Gus Yusuf. Hadir pula Walikota Magelang dr HM Nur Aziz, Wakil Walikota KH Mansyur, Sekda Joko Budiyono beserta jajarannya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Magelang, Hadi Sutopo menjelaskan, Pemkot Magelang selalu mengadakan kegiatan pengajian untuk memperingati Isra Miraj. Begitu pula untuk hari besar agama Islam lainnya.

Namun kegiatan sempat ditiadakan ketika pendemi Covid-19 setahun lalu. Tahun ini, kegiatan serupa mulai diadakan lagi dengan penyesuaian ketentuan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pihaknya berharap, kegiatan ini bisa menambah iman dan dan ketaqwaan.

Artikel Menarik Lainnya :  Masuk Taman Kyai Langgeng, Pengunjung Tak Perlu Aplikasi PeduliLindungi

“Biasanya pengajian peringatan Isra Miraj diadakan di Masjid Agung Alun-alun Magelang, bekerja sama dengan TNI dan Polri. Kali ini kita selenggarakan secara sederhana di Masjid Baitul Mamur yang diikuti oleh seluruh ASN dan karyawan di lingkungan Pemkot Magelang,” ucapnya.

Wakil Walikota Magelang KH M Mansyur menuturkan, setiap peristiwa selalu ada nilai-nilai yang bisa diteladani bersama. Salah satunya peristiwa Isra Miraj.

Menurut dia, nilai-nilai itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, saat bertugas sebagai abdi masyarakat.

“Abdi artinya pelayan. Maka pejabat maupun ASN sebagai abdi masyarakat harus ”harum mewangi”. Harum tutur katanya, sepak terjangnya, tingkah lakunya, juga wawasannya. Abdi seperti anak panah yang lepas dari busurnya, lurus. Artinya kita harus mengabdi pada masyarakat dengan lurus,” tandasnya. (wid)