Peringatan HKB Nasional, Warga Dukun Magelang Ramai-ramai Pukul Kentongan

KENTONGAN. Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional Tahun 2022, warga di lereng Merapi Magelang membunyikan Kentongan.
KENTONGAN. Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional Tahun 2022, warga di lereng Merapi Magelang membunyikan Kentongan.

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM  Warga di lereng Merapi Magelang kompak membunyikan kentongan pada Selasa (26/4/2022). Hal itu sebagai tanda Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional Tahun 2022.

Salah satunya dilakukan warga di Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Mulai dari anak-anak, pemuda, ibu-ibu, bapak-bapak hingga kakek nenek kompak membunyikan kentongan yang setiap rumah miliki pada pukul 10.00 WIB.

Pukul 09.30 WIB warga mulai berkumpul di pos ronda ataupun depan musala di dusun masing-masing. Mereka menunggu waktu pukul 10.00 WIB untuk memukul kentongan secara bersama-sama dengan dipimping kawil ataupun kadus masing-masing.

Warga lereng Merapi mengucapkan selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2022. Siap Untuk Selamat.

Kepala Desa Dukun Tanto Hernyanto mengatakan kegiatan ini serentak di seluruh wilayah Desa Dukun, dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

“Membunyikan kentongan ini inisiatif kami dari pihak perangkat Desa. Hal itu untuk menyemarakan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional,” ucap Tanto.

Tanto juga mengungkapkan hal tersebut untuk mndorong terwujudnya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana yang lebih Terarah, Terencana, Terpadu, dan Terkoordinasi serta Tuntas (5T).

Hal tersebut juga untuk mendorong sinergi dan integrasi seluruh program yg ada di desa yang oleh /Lembaga, organisasi – organisasi non – pemerintahan dan dunia usaha. Lalu meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam melaksanakan upaya – upaya pengurangan risiko bencana.

Tanto menambahkan, yang terpenting menurut yaitu mendorong integrasi upaya – upaya pengurangan risiko bencana dalam rencana pembangunan desa. Dirinya juga memberikan penegasan kepada seluruh warga Desa Dukun khususnya karena secara geografis tinggal di wilayah lereng Merapi.

“Jadi ini dilibatkan juga anak-anak, jadi bisa memberikan edukasi soal kebencanaan sedini mungkin.

Terakhir, HKB 2022 untuk Salam tangguh, selalu Sigap, Tanggap, Siap Selamat,” pungkasnya.(cha)