Peringatan Haul KH Ahmad Rifa’i, Ulama Besar Pahlawan Nasional Asli Kendal

Peringatan Haul KH Ahmad Rifa'i, Ulama Besar Pahlawan Nasional Asli Kendal
HADIRI HAUL - Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, saat menghadiri peringatan Hari Pahlawan Nasional Asli Kendal dan Haul Akbar KH Ahmad Rifa'i di Pondok Pesantren Al-Fatih Damarsari.

KENDAL,MAGELANGEKSPRES.COM – Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan kegiatan haul merupakan tradisi untuk terus dilestarikan. Karena sebagai penghargaan kepada para tokoh agama atau alim ulama’ yang telah meninggal dunia seperti KH Ahmad Rifa’i sebagai Pahlawan Nasional Asli Kendal.

“KH Ahmad Rifa’i telah berjuang guna syiar agama Islam. Haul ini penting untuk mentauladaninya. Kita patut mendoakan agar arwahnya diterima di sisi Allah SWT,” kata Wakil Bupati Windu Suko Basuki, saat menghadiri peringatan Hari Pahlawan Nasional Asli Kendal dan Haul Akbar KH Ahmad Rifa’i, Minggu (31/10/2021), di Pondok Pesantren Al-Fatih Damarsari, Kecamatan Cepiring.

Wabup menjelaskan, di bumi Kendal pernah lahir seorang yang gigih dalam melawan penjajahan Belanda, yaitu bernama KH Ahmad Rifa’i. Dalam dakwahnya beliau tidak hanya menyampaikan masalah-masalah agama, tetapi juga sosial kemasyarakatan. Atas jasa-jasa dan pengorbanannya, pada Tahun 2004 Pemerintah menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada KH Ahmad Rifa’i. Hal ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuangannya.

“Sebagai warga Kendal kita harus mengetahui perjuangan Kiai Rifa’i sebagai pahlawan nasional asal Kendal. Marilah kita kenali para pendahulu bangsa dan harus mencontoh para pahlawan kita, dengan memberikan penghormatan dan penghargaan bagi para pejuang kita. Mari lanjutkan perjuangannya dengan menjadikan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” pesan Wabup.

Dalam kesempatan itu, Basuki menyampaikan selamat dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan musyawarah daerah (Musda) Rifa’iyah ke V tahun 2021. Karena selain mempererat hubungan silaturahmi dan kerjasama antara pengurus, juga bisa untuk wadah merumuskan rencana, keputusan dan gagasan baru dalam program kerja kepengurusan ke depan. “Mudah-mudahan kepengurusan yang baru dapat mencapai keberhasilan yang lebih baik lagi,” harapnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Pelaku UMKM Bisa Kredit Tanpa Agunan

Ketua Panitia Kegiatan, Ahmad Parno Al-Fatih mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Kendal. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kendal yang selama ini mendukung Rifa’iyah. “Kami akan selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal. Semoga ke depan hubungan silatrurahim ini dapat selalu terjaga dengan baik,” harapnya. (lid)