Percepat Pemulihan Ekonomi, Sinergi BUMD-BUMN Perlu Didorong

 Percepat Pemulihan Ekonomi, Sinergi BUMD-BUMN Perlu Didorong
 Percepat Pemulihan Ekonomi, Sinergi BUMD-BUMN Perlu Didorong

MAGELANGEKSPRES.COM,JAKARTA-Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mendorong agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melakukan sinergi antar BUMD lainnya, juga dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di tengah tekanan pandemi Covid-19. “Para kepala daerah harus terus membina, mengarahkan, dan memfasilitasi BUMD agar berkembang,” kata Wapres saat memberikan sambutan secara virtual diacara TOP BUMD Awards 2020, Kamis (27/8).

Wapres berharap BUMD dapat meningkat kinerja dan layanannya untuk membangun daerah, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa normal baru.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai pentingnya pemerataan pembangunan melalui penguatan kinerja BUMD di seluruh Indonesia. Sebab, menurutnya, BUMD memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. “Jika pembangunan berjalan lebih merata, maka persatuan dan kesatuan nasional, akan tetap terjaga,” tuturnya.

Menurutnya, ajang ini bukan sekadar kegiatan pemberian penghargaan, namun mengedepankan aspek pembelajaran terutama untuk BUMD peserta. “Dalam wawancara penjurian, dewan juri memberikan saran kepada peserta, sebagai feedback untuk perbaikan ke depan. Peserta seolah mendapat konsultasi gratis dari para pakar dan dewan juri,” ungkap Bamsoet.

Sementara itu, pakar otonomi daerah Djohermansyah Djohan memaparkan terdapat temuan menarik sekaligus rekomendasi yang perlu diperhatikan bersama yaitu, pertama semua BUMD relatif sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi dampak pandemi, namun perlu disusun dalam bentuk dokumen business continuity di era new normal.

Kedua, generasi milenial, mulai tertarik masuk ke BUMD. Ketiga, semakin banyak BPR dan BPRS yang concern serta lebih intens melakukan pemberantasan renternir atau pelepas uang. Keempat, hampir semua PDAM, concern dalam hal penggunaan teknologi informasi, walau sebagian masih perlu ditingkatan. Kelima, BPD banyak melakukan sinergi dan inovasi produk.

Artikel Menarik Lainnya :  Gebrakan Yamaha di Akhir Tahun, All New R15 Connected Hadirkan Sensasi Berkendara “Connect with The R Spirit”

Hanya saja, terdapat beberapa catatan yang masih perlu diperhatikan, diantaranya peran pemerintah daerah, mendorong sinergi BUMD, dan minimal di wilayahnya, untuk saling memberi manfaat bersama. “Sebagian besar BUMD, masih fokus hanya pada pencapaian laba dan setoran dividen untuk pendapatan asli daerah (PAD),” tutupnya. (rls)