Penyaluran BLT Migor dan Bansos Pangan Tunai di Temanggung Ditarget Selesai Sebelum Lebaran

SALURKAN. Kantor pos Temanggung v mulai menyalurkan BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai. (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
SALURKAN. Kantor pos Temanggung v mulai menyalurkan BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai. (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Kantor pos Temanggung menargetkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng (migor) dan penyaluran bantuan sosial (bansos) pangan tunai selesai disalurkan kepada penerima manfaat sebelum perayaan Idul Fitri mendatang.

“Kami targetkan pada tanggal 25 April mendatang, baik BLT minyak goreng maupun bansos pangan tunai semua sudah sampai di tangan penerima,” kata Kepala Kantor Pos Temanggung Arif Maulana, kemarin.

Target ini sesuai perintah dari Presiden Jokowi bahwa 7 hari sebelum Lebaran BLT migor dan bansos pangan tunai harus sudah diterimakan pada KPM. Maka itu pada 25 April harus terakhir penyaluran bantuan.

Ia menyebutkan, keluarga penerima manfaat untuk BLT migor dan bansos pangan tunai di Kabupaten Temanggung yakni 80.324 Kepala keluarga (KK).

Dijelaskan, penyaluran BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai dimulai pada Selasa (12/4) untuk selanjutnya diintensifkan pada mulai Senin (18/4). BLT minyak goreng sebanyak Rp100 ribu per bulan untuk tiga bulan atau menerima Rp300 ribu. Sedangkan bansos pangan tunai sebesar Rp 200 ribu, yakni untuk bulan Mei.

“Setiap KPM akan menerima bantuan sebanyak total Rp500 ribu,” jelasnya.

Menurutnya, sebelum dilakukan pencairan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial, koordinasi dilakukan agar tidak ada kesalahan data penerima. Selain itu juga untuk kelancaran penyaluran.

“Harapan kami semua mendukung kelancaran penyaluran BLT termasuk dari kepolisian dan pemerintah desa, agar berjalan lancar,” harapnya.

Dijelaskan, ada 80.324 keluarga penerima manfaat BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai. Data yang diterima dari Kementerian Sosial terinci berdasarkan by name by address atau nama sesuai alamat.

Penjadwalan penerimaan BLT migor, kata dia disusun bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Temanggung. Penjadwalan ini didasarkan kecamatan dan desa, untuk menghindari kerumunan dan kecepatan dalam pencairan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo mengatakan secara terjadwal bantuan akan diberikan kepada KPM, penerima bantuan diharapkan bisa memanfaatkan bantuan ini sesuai dengan tujuan dari pemberian bantuan.

Disebutkan, pihaknya sudah menjadwalkan penyaluran bantuan, Selasa (12/4) warga yang sudah menerima BLT Migor adalah warga di Kecamatan Bansari dan Bulu. Sedangkan pada Senin (18/4) warga yang terjadwal adalah di Kecamatan Bejen, Pringsurat, Kaloran, Jumo dan Kledung. Harapan bantuan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga.

“Semoga bantuan ini bisa semakin meringankan beban masyarakat, di tengah kenaikan harga sejumlah bahan pokok selama Ramadan hingga Idul Fitri mendatang,” tutupnya. (set)