Pentingnya Melindungi Mobil Kesayangan dengan Asuransi Kendaraan

Pentingnya Melindungi Mobil Kesayangan dengan Asuransi Kendaraan (Photo ISTIMEWA-www.lifepal.co.id)
Pentingnya Melindungi Mobil Kesayangan dengan Asuransi Kendaraan (Photo ISTIMEWA-www.lifepal.co.id)

MAGELANGEKSPRES.COM – Memiliki asuransi kendaraan menjadi sebuah keharusan Ketika Anda berkendara di kota besar dengan arus lalu lintas yang padat. Tak jarang, Anda harus mengalami insiden saat berkendara baik terjadi kerusakan, kecelakaan, atau bahkan kehilangan.

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan program asuransi kendaraan sebagai contoh asuransi Askrida.

Sebelum mengetahui pentingnya asuransi mobil bagi pemilik kendaraan, pastikan Anda memilih perusahaan asuransi dengan produk asuransi dan ragamnya terlengkap.

Manfaat Melindungi Mobil Anda dengan Asuransi Kendaraan

Memiliki asuransi kendaraan banyak sekali manfaatnya baik bagi kendaraan ataupun pengemudi dan penumpang. Contohnya, polis asuransi kendaraan yang Anda miliki dapat menanggung kerusakan, baik kerusakan kecil atau bahkan kerusakan total pada kendaraan Anda.

Bayangkan berapa uang yang harus Anda keluarkan jika tidak melakukan persiapan semacam ini. Padahal, kerusakan kendaraan bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Selain itu, polis asuransi kendaraan milik Anda juga dapat menanggung ganti rugi jika suatu saat mobil Anda hilang dicuri.

Dengan intensitas mobilitas dengan mobil yang cukup tinggi, Anda mungkin akan mengalami beberapa insiden seperti tidak sengaja tabrakan degan pengguna jalan lainnya. Tentu saja, Anda harus bertanggung jawab terhadap kejadian ini. Dengan adanya asuransi kendaraan, maka produk tersebut akan membantu memberikan tanggung jawab hukum pihak ketiga atau THP.

THP akan membantu membayar ganti rugi untuk kasus-kasus tertentu, termasuk jika mobil Anda tidak sengaja menabrak pengguna jalan lainnya. Bahkan, program asuransi kendaraan dapat membantu memberikan santunan jika terjadi cedera atau kematian pada pengendara dan penumpang dalam kendaraan yang dipertanggungkan.

Jenis Asuransi Kendaraan

Sebelum membeli produk asuransi kendaraan, Anda wajib mengetahui apa saja jenis asuransi kendaraan itu. Dengan begitu, Anda bisa memilih asuransi kendaraan yang tepat sesuai dengan dana yang Anda miliki serta kebutuhan.

Secara umum, ada dua jenis asuransi kendaraan, yaitu asuransi All Risk atau komprehensif dan asuransi TLO atau Total Loss Only.

Asuransi All Risk

Asuransi ini akan membantu menanggung kerusakan kecil, kerusakan besar, bahkan saat Anda kehilangan kendaraan Anda karena dicuri atau hal lainnya sesuai dengan yang ada pada keterangan polis asuransi.

Asuransi TLO atau Total Loss Only

Asuransi jenis ini hanya akan membantu menanggung kerusakan jika kerusakan kendaraan di atas 75 persen.

Anda juga bisa melakukan klaim jika sampai terjadi kehilangan mobil karena dicuri atau sebab lain yang tercantum dalam polis asuransi.

Perbedaan Asuransi All Risk dan Asuransi TLO

Setelah mengetahui jenis asuransi, Anda pun harus tahu kapan harus memilih asuransi All Risk dan TLO. Penentuannya bisa didasarkan pada beberapa hal seperti usia mobil, kecocokan, biaya preminya, serta manfaat yang ingin Anda dapatkan. Misalnya, asuransi All Risk cocok untuk Anda yang memiliki mobil dengan usia maksimal 12 tahun.

Sementara itu, Anda yang memiliki mobil usia 15 hingga 20 tahun bisa memilih jenis asuransi TLO. Karena itu, asuransi kendaraan TLO sangat cocok untuk mobil tua atau bekas sedangkan All Risk cocok untuk mobil baru yang sering digunakan untuk berkendara di kota yang padat.

Biaya preminya pun berbeda. Biaya premi asuransi kendaraan all risk biasanya mulai 3.26 persen dari harga mobil. Anda harus membayar biaya premi setidaknya 0.44 persen dari harga mobil jika memilih asuransi kendaraan TLO.

Sesuai dengan namanya, asuransi All Risk dapat digunakan untuk menanggung semua kerusakan, termasuk lecet, kerusakan kecil, kerusakan besar, hingga kehilangan.

Asuransi TLO juga membantu menanggung biaya kehilangan mobil namun tidak untuk biaya kerusakan. Anda baru bisa mengklaim jika kerusakan mobil mencapai setidaknya 75 persen.

Asuransi Kendaraan untuk Mobil Tua

Sebagian pemilik kendaraan tua merasa tidak perlu mengasuransikan mobilnya tersebut. Padahal, asuransi kendaraan untuk mobil tua juga memiliki banyak manfaat.

Misalnya, jika memilih asuransi jenis TLO, maka harga premi asuransi mobil tua biasanya jauh lebih murah.

Selain itu, penggantian ganti rugi pada risiko kehilangan biasanya lebih rendah 10 persen dari harga jual mobil. Anda pun akan mendapatkan penggantian ganti rugi dengan adanya penambahan perluasan jaminan serta ganti rugi kepada pihak ketiga yang mengalami kerugian jika terjadi kecelakaan.

Bahkan, Anda berkesempatan mendapatkan ganti rugi secara penuh jika mobil tua Anda mengalami kerusakan di atas 75 persen atau bahkan rusak parah dan tidak dapat diperbaiki setelah terjadi kecelakaan. (rls.adv)