Pengiriman Paket Pos dari Temanggung ke Luar Provinsi Meningkat Sejak Awal Ramadan, Paling Banyak di Dua Pulau Ini

KEMAS. Salah satu petugas di Kantor Pos Temanggung sedang mengemas paket sebelum dikirim ke tempat tujuan. (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
KEMAS. Salah satu petugas di Kantor Pos Temanggung sedang mengemas paket sebelum dikirim ke tempat tujuan. (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Meskipun Hari Raya Idul Fitri 1443 H menyisakan waktu yang cukup panjang, namun pengiriman paket melalui Kantor Pos di Kabupaten Temanggung sudah mulai meningkat.

“Alhamdulillah sudah sejak awal Ramadan, pengiriman paket sudah mulai ada peningkatan,” kata Kepala Kantor Pos Temanggung Arif Maulana, Jumat (8/4/2022).

Ia mengungkapkan, setiap bulan Ramadan memang selalu ada peningkatan pengiriman paket, namun di Ramadan tahun ini peningkatannya sudah terjadi sejak awal bulan.

Jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, sejak memasuki bulan Ramadan sudah terlihat ada peningkatan secara terus menerus. Hingga saat ini tercatat peningkatan jumlah paket antara 50 sampai 100 paket dalam sehari.

“Hari biasa rata-rata sampai 500 paket, sekarang jumlahnya sampai 600 paket,” jelasnya.

Menurutnya, paket dari Temanggung rata-rata dikirim ke luar pulau Jawa seperti, Kalimantan dan Sumatera, tapi juga tidak sedikit yang dikirim ke lokalan Jawa Tengah.

Diperkirakan peningkatan jumlah pengiriman paket akan terus meningkat hingga menjelang perayaan Idul Fitri mendatang, puncak peningkatan pada H-7.

Adapun pola kesiapan petugas pos menghadapi peningkatan pengiriman paket, yakni kiriman hari itu harus bersih untuk disampaikan ke kantor tujuan.

“Jadi untuk kesiapan petugas sama seperti biasa, ketika ada barang datang paling lambat malam itu juga sudah habis dikirim ke transportasi, sehingga tidak ada barang mengendap di kantor pos. Barang dari kantor cabang pembantu pun sudah sampai di sini pukul 18.00 WIB,” katanya.

“Kemungkinan puncak pengiriman paket akan tejadi seminggu sebelum Lebaran, kami sudah mengantisipasi dengan berbagai langkah,” tambah Arif lagi.

Dikatakan, sepekan sebelum Lebaran sudah masuk peak season jadi banyak kiriman dan sering terjadi keterlambatan, oleh karena itu pihaknya mengimbau menggunakan paket jumbo ekonomi (PJ3).

“Kalau sudah masuk seminggu sebelum Lebaran pengiriman dengan paket jumbo ekonomi (PJE) dengan standar penyampaian ke pelanggan sampai tujuh hari,” katanya.

Ia menjelaskan mulai seminggu sebelum Lebaran biasanya tidak lagi menerima paket kilat khusus maupun paket ekspres karena pengiriman akan melewati standar pengiriman ke publik. (set)