Pendaftaran Bapaslon, KPU Purworejo Perketat Protokol Kesehatan

Pendaftaran Bapaslon, KPU Purworejo Perketat Protokol Kesehatan
Pendaftaran Bapaslon, KPU Purworejo Perketat Protokol Kesehatan

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan protokol yang ketat pada pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang tahapannya akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 September mendatang. Protokol tersebut diterapkan sehubungan dengan adanya pandemi covid-19 di wilayah Kabupaten Purworejo.

Komisioner KPU Kabupaten Purworejo, Akmaliyah mengungkapkan, menyesuaikan dengan adanya pandemi covid-19, ada beberapa protokol kesehatan (Prokes) yang harus dipatuhi oleh Paslon dan partai pengusung saat mendaftarkan bakal pasangan calon jagoan mereka.

“Mekanisme pendaftaran, Bapaslon bersama pimpinan parpol pengusung datang langsung ke KPU, waktu pendaftaran pd tgl 4 – 6 September 2020. Tanggal 4 dan 5 waktu pendaftaran sampai pukul 16.00 WIB sedangkan  tanggal 6 hingga pukul 24.00 WIB,” kata Akmaliyah (28/8).

Lebih lanjut dijelaskannya, rombongan yang datang, harus menerapkan protokol kesehatan, dengan menggunakan APD (masker) jaga jarak dan mencuci tangan/menggunakan handsanitizer serta diukur suhu tubuhnya sebelum masuk ruangan.

Baca juga
Purworejo Kembali Raih 5 Penghargaan Top Business

“Yang boleh datang ke KPU saat pendaftaran juga dibatasi. Hanya Bapaslon, pimpinan parpol pendukung (ketua dan sekretaris) dan LO (penghubung) bisa satu atau dua orang,” ujar Akmal.

Akmaliyah menambahkan, bagi pendukung dan relawan yang akan mengikuti jalannya pendaftaran bisa membuka akun Youtube KPU Purworejo yang akan menyiarkannya secara langsung.

“Kami juga menyediakan satu layar di halaman KPU. Wartawan bisa mengikuti proses pendaftaran melalui layar tersebut,” jelasnya.

Usai pendaftaran, KPU akan melakukan verifikasi syarat pencalonan dan syarat calon serta mengumumkan dokumen pencalonan dan dokumen calon untuk mendapat tanggapan dan masukan dari masyarakat.

Dengan diumumkannya syarat dan dokumen masing-masing calon, masyarakat diharap dapat memberikan masukan mengenai calon-calon yang akan mengikuti kontestasi Pilbup dan wabup pada tanggal 9 Desember mendatang.

Artikel Menarik Lainnya :  Inilah Capaian yang Diraih Pemkab Purworejo di Tengah Pandemi Covid-19

Kemudian KPU Purworejo akan menetapkan Paslon pada tanggal 23 September. Pengundian nomor urut akan dilaksanakan pada tanggal 24 September. (luk)