Penataan Parkir Pantai Dewaruci Purworejo Masih Jadi PR. Dinparbud Bilang Begini

PARKIR. Sejumlah kendaraan tampak parkir di bahu jalan Pantai Dewaruci.(Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Kunjungan ribuan wisatawan di Pantai Dewaruci Jatimalang Kecamatan Purwodadi pada libur tahun baru lalu masih menyisakan persoalan pada penataan parkir roda empat di kawasan tersebut. Meski untuk area parkir kendaraan roda empat sudah tersedia di sisi sebelah barat, di belakang deretan kios, tetapi parkir kendaraan roda empat justru berada di badan jalan sebelah barat, sehingga menutupi kios dari pantai.

Salah satu pemilik kios di sebelah barat yang enggan disebut namanya mengeluhkan parkir mobil di depan kiosnya. “Kalau parkiran berderet di depan kios di sebelah barat seperti ini menjadi kios saya tidak terlihat dari pantai. Liburan tahun baru seperti ini biasanya saya bisa meraup omzet jutaan rupiah, hari ini saya hanya melayani satu dua pembeli saja,” ujar pria yang sudah bertahun-tahun menggantungkan nasibnya dengan berdagang di kawasan Pantai Dewaruci Jatimalang tersebut.

Dia berharap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo menata obwis di Pantai Dewaruci yang terletak di Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo itu.
“Kalau ditata dengan baik bisa adil dalam penghasilan pedagang. Saya omzet tahun baru 2022 tidak seberapa, tetapi pedagang lainnya yang membuka lapak di bibir pantai bisa meraup omzet jutaan rupiah,” sebutnya.

Tuginah, salah satu pedagang di pinggir pantai bernasib lain. Dikatakannya, kunjungan wisatawan ke warungnya sangat ramai. Tampak pemilik warung dibantu dengan ketiga anaknya serta sang suami bahu membahu melayani pembeli. “Alhamdulilah hari ini ramai. Kami buka dari pagi hingga sore, dengan dibantu oleh anak dan suami,” jelasnya.

Bu Tuginah tak hanya membuka warung saja, tetapi juga menyewakan gubuk-gubuk di pinggir pantai dengan sewa antara Rp10.000 hingga Rp20.000 per gubuk

Artikel Menarik Lainnya :  Warga di Purworejo Temukan Mortir Peninggalan Zaman Agresi Belanda Saat Sedang Membersihkan Rumput di Pinggir Sungai

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo, Stefanus Aan mengatakan, untuk parkir di obwis Pantai Dewaruci Jatimalang, sementara dikelola oleh desa melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jatimalang.

“Untuk parkir di area Pantai Dewaruci Jatimalang ke depan akan dikelola Pemerintah Daerah (Pemda) bekerja sama dengan Pokdarwis,” terangnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, tahun 2022 ada tambahan bangunan kuliner baru. “Rencana akan ditata semua, baik pengelolaan parkir dan pedagang yang masih berada di pinggir pantai,” katanya. (luk)