Pemprov Jateng Gelar Pasar Murah di Kecamatan Bener

BAZAR. Bupati saat mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah meninjau bazar pasar murah di halaman kantor Kecamatan Bener. (Foto lukman)
BAZAR. Bupati saat mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah meninjau bazar pasar murah di halaman kantor Kecamatan Bener. (Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1443 H, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan pasar murah di halaman Kantor Kecamatan Bener, kemarin.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah Ir Dyah Lukisari Msi, Plt Kepala Dinas KPP Wasit Diono SSos, para perwakilan Kementerian Pertanian, Forkopimcam Bener serta undangan lainya.

Dalam sambutannya, Bupati Agus Bastian  mengucapkan terimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, yang telah menyelenggarakan pasar murah di Kecamatan Bener. Selain itu juga memberikan sembako gratis sebanyak 500 paket, kepada peserta vaksin di Desa Kalijembe Kecamatan Bener sekaligus mendukung percepatan vaksinasi.

“Seperti biasa, pada saat bulan suci Ramadhan, permintaan kebutuhan bahan pokok di masyarakat terus meningkat, Jadi berdampak pada kenaikan harga tentunya. Lonjakan harga yang tinggi pasti akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat. Kita juga telah berupaya untuk memastikan stok barang cukup bagimasyarakat,” katanya.

Melihat fenomena terjadinya kenaikan harga, lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Purworejo setiap tahun menggelar pasar murah. Termasuk pada tahun ini, pasar murah juga diselenggarakan di 16 kecamatan, selain yang diadakan di tingkat kabupaten.

“Kehadiran pasar murah ini harganya relatif lebih murah dibanding harga di pasaran umum karena  adanya subsidi dari pemerintah. Saya minta masyarakat yang berhak hendaknya dapat memanfaatkan pasar murah ini dengan baik, dan berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah Ir Dyah Lukisari Msi menjelaskan bahwa OPD di Pemprov Jateng mempunyai 7 desa dampingan yang ada di Kabupaten Purworejo. Salah satunya adalah Dinas Ketahanan Pangan yang mendampingi Desa Kalijambe Kecamatan Bener.

Agar lebih memberikan efek yang luas pada masyarakat, dirinya berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan pasar murah di tingkat lecamatan. tidak hanya di level Desa Kalijambe. Pada pasar murah ini disertai pula pameran UMKM lokal daerah yang akan terus didorong agar menjadi pilihan utama masyarakat.

“Selain itu kami juga membawa bantuan RTLH senilai masing-masing Rp 12.500.000 untuk 2 penerima asal Desa Kalijambe. Hal ini juga selaras dengan instruksi Bapak Gubernur agar semua OPD di Pemprov Jateng ikut berkontribusi aktif dalam upaya penurunan angka kemiskinan ekstrim di Provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya. (luk)