Pemkab Temanggung Mulai Izinkan Wisata dan Kesenian Dibuka

LIYANGAN. Salah satu objek wisata di Kabupaten Temanggung yang berada di lereng Gunung Sindoro di Kecamatan Ngadirejo.(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
LIYANGAN. Salah satu objek wisata di Kabupaten Temanggung yang berada di lereng Gunung Sindoro di Kecamatan Ngadirejo.(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Temanggung membuka kegiatan wisata dan pertunjukan kesenian di daerah, seiring dengan masuknya Temanggung ke PPKM level dua status pandemi Covid-19.

“Sejak awal pekan ini Temanggung sudah masuk dalam PPKM level dua, jadi sejumlah kegiatan dan objek wisata sudah bisa kembali dibuka dan dilakukan,” kata Bupati Temanggung M Al Khadziq, Rabu (8/9).

Namun demikian tegas Bupati, meskipun sudah ada kelonggaran bahkan diperbolehkan untuk beraktivitas kembali baik itu objek wisata maupun pelaku kesenian, tapi tetap diwajibkan menjalankan disiplin protokol kesehatan (prokes).

“Prokes di objek wisata tetap harus dijalankan, apalagi untuk pertunjukan kesenian prokes akan diatur lebih ketat,” tegas Bupati.

Menurutnya, kesenian panggung juga boleh dilaksanakan, dengan catatan penerapan dan pelaksanaan prokes wajib dipenuhi, di antara jumlah penonton hanya 50 persen dari kapasitas.

“Semua objek wisata akan kembali dibuka, secara bertahap,” katanya.

Selain itu kata Bupati, kegiatan bisnis juga sudah mulai diperlonggar, dengan harapan ke depan geliat perekonomian di Temanggung semakin membaik.

“Tidak hanya dari kegiatan bisnis saja, tapi geliat perekonomian dari objek wisata dan pertunjukan kesenian juga akan semakin membaik,” harapnya.

Ia mengatakan, untuk semakin menekan dan mencegah penyebaran Covid-19 di objek wisata dan pertunjukan kesenian, pengelola dan pelaku kesenian di Temanggung akan divaksin Covid-19 terlebih dahulu.

Namun demikian lanjut Bupati, untuk pertunjukan kesenian, pantia tetap harus melayangkan izin kepada Satgas Penanganan Covid-19 terlebih dahulu.

Menurutnya, vaksinasi kepada pengelola objek wisata dan pelaku kesenian di Temanggung akan dilakukan pada awal pekan depan.

Bupati mengimbau, tidak hanya pengelola dan pelaku kesenian saja, namun masyarakat tetap wajib menjalankan prokes, apalagi saat berkunjung di objek wisata dan saat menyaksikan pertunjukan kesenian.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Harian Covid-19 Turun 98 Persen, Jangan Lengah Ancaman Gelombang Ketiga

“Selama ini masyarakat dan semua pihak yang telah berupaya untuk mengendalikan paparan Covid-19 dan menurunkan level pada PPKM sehingga dari level 3, Kabupaten Temanggung menjadi level 2,” katanya.(Set)