Pemkab Temanggung Gulirkan Rp8,9 M untuk Perawatan Jalan

PERBAIKAN. Perbaikan jalan terus dilakukan oleh Pemkab Temanggung. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
PERBAIKAN. Perbaikan jalan terus dilakukan oleh Pemkab Temanggung. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COMPemkab Temanggung terus berupaya meningkatkan infrastruktur, terutama jalan raya. Dengan upaya ini diharapakan bisa semakin meningkatkan perekonomian di kabupaten penghasil tembakau ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana mengatakan, tahun anggaran 2021 ini pihaknya mengelola anggaran dari pemerintah pusat sebanyak Rp8,9 miliar.

“Anggaran ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) jalan,” terangnya, kemarin.

Menurutnya, anggaran tersebut akan digunakan untuk beberapa pekerjaan di wilayah Kabupaten Temanggung, khususnya untuk peningkatan, pelebaran dan perawatan jalan.

“Ada yang untuk peningkatan jalan kabupaten, pelebaran dan perawatan jalan,” jelasnya.

Hendra menyebutkan, salah satu ruas jalan kabupaten yang tengah dalam proses pelebaran dan perbaikan adalah ruas jalan Kranggan-Kaloran. Di ruas jalan ini yang semula hanya 4 meter, kini diperlebar menjadi 6 meter sepanjang 1,4 kilometer. Selain itu, di jalan sepanjang 10 kilometer juga dilakukan perawatan jalan rusak.

Dirincikan, anggaran untuk ruas jalan Kranggan-Kaloran sebesar Rp3,9 miliar, dengan target penanganan sepanjang 1,4 km ruas jalan dengan pelebaran 1 meter di kanan-kiri.

Dijelaskan, anggaran tersebut dialokasikan didua titik yang berbeda. Sedangkan anggaran untuk jalan Muntung-Jumo sebesar Rp5 miliar dengan segmen pelebaran sepanjang 2 km dan penanganan berupa perbaikan sejauh 10 km.

Peningkatan jalan kabupaten diharapkan mampu memperlancar jalur transportasi dan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Temanggung.

“Harapannya pembangunan ini dapat memperlancar lalu lintas orang dan barang, yang terpenting adalah mendongkrak pertumbuhan ekonomi apalagi di masa pandemi , sekaligus membuka lapangan kerja bagi teman-teman kita, sehingga ada aktivitas ekonomi,” katanya.(set) .

Artikel Menarik Lainnya :  2 Pekan, PTM di Temanggung Berjalan Lancar