Pemkab Temanggung Diminta Serius Tangani masalah Sampah

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Temanggung Indah Cahyani
Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Temanggung Indah Cahyani

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Temanggung diminta untuk lebih serius menangani permasalahan sampah, pengolahan sampah dari hulu sampai hilir harus diprogram dengan jelas dengan pemilahan sampah harus benar-benar terlaksana dengan baik.

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Temanggung Indah Cahyani mengatakan, selain itu pemkab harus membuat master plan yang terencana sehingga sampah yang diolah bisa menghasilkan produk daur ulang yang bermanfaat, sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan yang paling utama adalah tujuan dari sampah adalah zero limbah.

“Harus terencana dan terukur, sehingga hasilnya bisa menambah PAD Temanggung, dengan demikian tujuan zero sampah di Temanggung bisa terwujud,” katanya, kemarin.

Ia mengatakan, industri tentang sampah, harus direncanakan dari sekarang. Arah tujuannya yang harus jelas, dan sudah mulai di rencanakan agar bisa dimaksimalkan dan pemanfaatan limbah sampah harus bisa 0 %.

Bahkan katanya, dari pengolahan sampah ini  bisa menjadi energi terbarukan, sehingga bisa menghemat bahan bakar yang selama ini digunakan oleh masyarakat.

“Dengan perencanaan yang matang, pengolahan sampah bisa dilakukan dengan maksimal, sehingga bisa membuat produk baru dari sampah tentunya yang bisa dimanfaatkan,” harapnya.

Menurutnya, semua rencana ini demi Temanggung bisa memaksimalkan potensi daerahnya dan Pemerintah Daerah Temanggung bisa mendapatkan dan menggali potensi pendapatan yang ada di Temanggung secara maksimal.

Ia menambahkan, pemerintah daerah juga harus memberikan konsep pemberian insentif bagi desa yang bisa mengolah sampah sampai semaksimal mungkin, upaya ini dilakukan agar desa semakin semangat dalam mengelola sampah.

“Jika Desa sudah bisa mengelola sampah dengan baik, akan mengurangi beban pemkab dalam mengolah sampah, apalagi ada penghargaan tersendiri bagi desa yang berhasil mengolah sampahnya dengan baik,” katanya.

Ke depan tambahnya, tantangan Pemerintah Kabupaten Temanggung mengenai sampah adalah perbaikan manajemen pemilahan sampah dan tantangan kemajuan zaman untuk menjadikan sampah sebagai sumber energi dan menciptakan lingkungan yang berkesinambungan.

“Transisi sampah yang tadinya tidak bisa dipakai untuk hal-hal yang lain, pemeintah daerah harus bisa menjadikan sampah sebagai sumber energi, sumber PAD juga harus ada target dan perencanaan yang jelas,” tutupnya. (set)