Pemkab Ajak Insan Media Bersinergi

Aspiyatun, Kepala Subbag Analisis Media dan Pendapat Umum Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten
Aspiyatun, Kepala Subbag Analisis Media dan Pendapat Umum Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten saat membacakan sambutan bupati.

Sekber IPJT Purworejo Dilaksanakan Dikukuhkan

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten Purworejo mengajak para insan media yang bertugas di Kabupaten Purworejo untuk bersinergi dalam bersama-sama membangun Purworejo ke depan. Tanpa sinergitas yang baik, pembangunan Purworejo tidak akan berjalan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Purworejo yang diwakili Kepala Subbag analisis media dan pendapat umum bagian humas dan protokol Setda Kabupaten Purworejo, Aspiyatun pada pelaksanaan Pelantikan dan Deklarasi pengurus Sekber Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) DPC Kabupaten Purworejo yang digelar di Sulthan Cafe, akhir pekan lalu.

Dikatakannya, media massa atau pers merupakan mitra pemerintah, yang selain berfungsi ikut menyosialisasikan program dan kegiatan pemerintah, juga sekaligus melakukan fungsi kontrol agar jalannya pemerintahan tidak menyimpang dari aturan yang ada.

“Kita harus bisa menempatkan diri sesuai dengan peran dan posisi masing-masing secara proporsional dan profesional, sehingga tercipta suasana kondusif dalam kehidupan demokrasi kita,” ucapnya.

Lebih lanjut, Aspiyatun mengatakan, salah satu pokok utama dalam menegakkan demokrasi adalah ketersediaan ruang untuk menyampaikan pikiran dan mengemukakan pendapat, termasuk melalui media massa.

“Namun semakin modernnya sistem penyebaran informasi dengan munculnya media-media sosial dan media online dengan ragam informasi yang sangat cepat dan mudah diakses, ternyata juga memunculkan potensi pelanggaran hukum yang berakibat pada terusiknya citra pers,” katanya.

Aspiyatun menambahkan,
IPJT sebagai organisasi wartawan sudah selayaknya terus kompak dan bersatu agar mampu melahirkan program-program berkualitas bagi anggotanya. IPJT harus menekankan pada kepatuhan terhadap Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik.

“Saya yakin, semakin profesional para wartawan dalam menjalankan tugasnya, maka semakin kecil peluang terjadi konflik antara media atau insan pers dengan pihak-pihak yang diberitakan. Sehingga program peningkatan kapasitas wartawan perlu menjadi perhatian IPJT, agar organisasi ini akan mampu melahirkan wartawan profesional yang taat hukum dan kode etik jurnalistik,” imbuhnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Progres Laporan Penyalahgunaan DD Kemiri Kidul Dipertanyakan

Sementara itu, Muhammad Fauzi selaku Ketua terlantik Sekber IPJT DPC Purworejo, mengatakan, terima kasih kepada semua tamu undangan, yang sudah hadir, teman – teman dari IPJT perwakilan setiap kabupaten yang ada di jawa tengah, PWI Purworejo, Pendim 0708 yang sudah bersedia hadir dalam acara tersebut.

“Terima kasih sekali kepada semua sponsor yang sudah membantu kelancaran acara ini, sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Fauzi berharap, kedepan supaya semua wartawan yang tergabung di Sekber IPJT DPC Purworejo semakin kompak dan solid, serta tunjukan bukti tulisan sebagai jurnalis yang sesuai Kode Etik Jurnalistik.

“Mari bersama – sama kita jaga kekompakan, kesolidan, jangan ada perpecahan karena beda organisasi, saatnya kita bareng – bareng untuk membangun Purworejo agar lebih Mulyo,” pungkas Fauzi. (luk)