Pemdes Keblukan Bebaskan Internet untuk Warganya

SERIUS. Sejumlah siswa sedang serius belajar secara daring di Balai Desa Keblukan, 
SERIUS. Sejumlah siswa sedang serius belajar secara daring di Balai Desa Keblukan, 

MAGELANGEKSPRES.COM, TEMANGGUNG – Minimnya jaringan internet di Desa Keblukan Kecamatan Kaloran, membuat siswa di desa tersebut mengalami kesulitan saat akan sekolah berbasis daring. Oleh karena itu pemerintah desa setempat memberikan fasilitas bersama agar siswa di desa tersebut tetap bisa mengikuti pelajaran dari sekolahnya.

“Jaringan internet ada, tapi sangat susah. Tidak semua tempat di desa kami bisa mendapatkan sinyal dengan bagus. Sehingga hal ini menjadi kendala bagi semua siswa yang ada di desa kami,” ungkap Kepala Desa Keblukan Kholiq Pujianto, Jumat (7/8).

Ia mengatakan selama pandemi ini anak-anak dituntut untuk belajar secara daring, padahal di desa ini susah sekali sinyal internet. Untuk mempermudah siswa maka fasilitas internet yang biasa digunakan untuk kantor desa dibebaskan untuk masyarakat.

“Maka solusinya anak-anak belajar di balai desa. Anak-anak memanfaatkan wifi ini secara gratis, sekalian untuk membantu warga yang kurang mampu, apalagi kini tengah terdampak COVID-19,” katanya.

Fasilitas wifi ini untuk pelayanan di Kantor Desa Keblukan sudah dipasang beberapa tahun lalu.

Kholiq menuturkan sebenarnya untuk kapasitas pelayanan saja kadang tidak memenuhi, tetapi karena para siswa juga sangat membutuhkan terpaksa memberi solusi untuk berbagi wifi gratis kepada anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa ini.

“Sebetulnya sangat mengganggu karena ketika kita melakukan pelayanan loadingnya saja lama sekali, tetapi bagaimana lagi anak-anak juga butuh pendidikan secara online,” katanya.

Seorang siswa kelas X MAN Temanggung Linda menuturkan, dirinya terpaksa mengerjakan tugas sekolah secara daring di balai desa karena sinyal internet di rumahnya tidak lancar.

“Kami terpaksa ke balai desa, khusus saat mengerjakan tugas dari sekolah,” katanya.

Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas internet dari desa ini. Sehingga semua tugas dan pelajaran dari sekolah bisa dikerjakan dan diikuti dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya :  Lahan Kritis di Temanggung Bakal Jadi Sasaran Program Sabuk Gunung

“Alhamdulillah semoga saja fasilitas  internet dari desa ini bisa berjalan dan terus lancar, sangat membantu kami,’ katanya. (set)